4 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi, Nomor 3 Ampuh Turunkan Kadarnya

10 September 2022

JAKARTA - kanal9.id - Buah yang aman dikonsumsi penderita kolesterol wajib diketahui, khususnya bagi Anda penderita gangguan kesehatan akibat lemak jahat. Secara umum orang menyukai buah, yang dikonsumsi untuk camilan atau menu diet. Bagi mereka penderita kolesterol tinggi tentu perlu memilah buah apa saja yang aman dikonsumsi. Sebagaimana diketahui, kolesterol tinggi dapat mengundang beberapa penyakit berbahaya, seperti stroke, hipertensi hingga penyakit jantung.

Berikut 4 buah aman dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi, dirangkum dari berbagai sumber, antara lain;

1. Apel Buah yang biasanya langsung dikunyah tanpa harus dipotong, juga memiliki manfaat menurunkan kolesterol. Sebab ada kandungan zat beta-glucan, memiliki peranan untuk mengontrol produksi kolesterol dalam darah. Perlu diketahui, selain bisa dikonsumsi secara langsung, apel juga bisa dibuat cuka. Secara rutin mengonsumsi cuka apel menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

2. Alpukat Buah yang berdaging lembut ini, jika rutin dikonsumsi membantu menurunkan kolesterol tinggi. Buah alpukat juga cocok untuk menu diet, kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. "Diet sehat sangat penting untuk menurunkan tekanan darah dan mempertahankan tingkat optimal, dan penelitian telah menunjukkan bahwa termasuk makanan tinggi nutrisi tertentu seperti kalium dan magnesium, mengurangi tingkat tekanan darah," keterangan dalam Healthline, dikutip Jumat (9/9/2022)

3. Beri Buah yang satu ini mungkin banyak yang tidak tahu. Pasalnya, buah Beri aman dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi dalam tubuh. Penelitian 2016 diterbitkan dalam Scientific Reports mengungkap konsumsi harian buah beri, jus berry, atau ekstrak berry menurunkan LDL hampir empat poin. Beri juga tinggi serat, yang dapat membantu menurunkan gula darah, menurut Mayo Clinic. Meskipun rasanya manis, buah beri memiliki kandungan glikemik rendah, berarti mencerna dengan lambat dan tidak mempengaruhi gula darah terlalu kuat.

4. Jeruk Buah yang dikenal secara umum berwarna orange ini, ternyata aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol karena bisa menurunkan kolesterol tinggi. Menurut livestrong, minum segelas jus jeruk yang diperkaya dengan sterol dan stanol (tanaman penurun kolesterol). Sementara Harvard Health, mengatakan bagi penderita kolesterol tinggi konsumsi 2 gram sterol dan stanol setiap hari dapat menurunkan kolesterol Anda.