AC Dinding atau AC Portable, Lebih Efisien Hadapi Cuaca Panas

5 January 2024
Ac dinding terpasang dengan instalasi yang rapi

kanal9.idAC alat pendingin ruangan yang sangat dibutuhkan jika cuaca panas seperti saat ini. AC sangat diburu masyarakat karena mampu menyejukkan ruangan di rumah.

AC yang digunakan di rumah bisa bermacam-macam sesuai dengan keinginan pemiliknya. Bisa AC Dinding atau AC Portable.

Dua jenis AC ini paling banyak digunakan dan dipilih. Tentu kedua AC ini mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Untuk lebih jelasnya perbedaan AC Dinding dengan AC Portable kita lihat perbedaanya sehingga Anda dapat memilih sesuai kebutuhan.

1. Portabilitas:

AC Portable mempunyai keutamaan adalah portabilitas. Anda dapat memindah AC ini dari ruangan satu ke ruangan yang lain. Ac ini tentu sangat cocok digunakan bagi yang tinggal di apartemen atau sewaan.

AC Dinding, seperti namanya, terpasang secara permanen pada dinding. AC ini tidak dapat dipindah tempat. AC ini sudah terpasang permanen di tembok dengan instalasi dan tempat yang sudah dipilih.

2. Kapasitas Pendinginan:

AC Portable cenderung memiliki kapasitas pendinginan yang lebih rendah dibandingkan dengan AC Dinding. AC Portable cocok untuk pendinginan ruangan kecil hingga menengah, tetapi mungkin tidak cukup kuat untuk mendinginkan ruangan besar atau terbuka.

AC Dinding memiliki kapasitas pendinginan yang lebih besar dan dapat mendinginkan ruangan yang besar dengan lebih efisien. AC dinding cocok untuk ruang tamu, ruang keluarga, atau area yang memerlukan pendinginan yang intens.

3. Efisiensi Energi:

AC Portable cenderung kurang efisien secara energi dibandingkan dengan AC Dinding. AC ini seringkali menggunakan lebih banyak energi untuk menghasilkan pendinginan yang sama, karena mereka memerlukan sirkulasi udara yang lebih intensif.

AC Dinding sering lebih efisien dalam penggunaan energi. AC dirancang untuk mengoptimalkan sirkulasi udara di dalam ruangan yang telah ditentukan, sehingga dapat menghasilkan pendinginan yang lebih efisien dengan konsumsi energi yang lebih rendah.

4. Biaya dan Instalasi:

AC Portable cenderung lebih terjangkau, dan instalasi yang digunakan sederhana. Anda hanya perlu mencolokkannya ke stopkontak dan mengarahkannya ke ruangan yang perlu didinginkan.

AC Dinding umumnya lebih mahal dalam pembelian dan memerlukan instalasi profesional. Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk instalasi dan penyesuaian yang sesuai.

5. Penampilan:

AC Portable memiliki tampilan yang lebih mencolok karena mereka berdiri di tengah ruangan. Ini bisa menjadi perhatian jika Anda peduli dengan estetika ruangan Anda.

AC Dinding terpasang di dinding dan lebih tersembunyi, memberikan tampilan yang lebih rapi dan bersih.

Jadi pilihlah AC dinding atau AC portable yang Anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas ruangan yang ada.

Demikian informasi tentang AC Dinding atau AC Portable, lebih efisien hadapi cuaca panas.(*) (K-09)

Kontributor:

Terkait