Ada Aplikasi Batang Karir, Pencari Kerja Akan Semakin Mudah

9 Juni 2021

BATANG - Susahnya mencari pekerjaan bagi masyarakat di Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah. Termasuk yang terjadi di Kabupaten Batang.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Batang meluncurkan aplikasi "Batang Karir" bagi para pencari kerja agar mendapat pekerjaan sesuai harapan yang dikehendaki mereka.

Bupati Batang Wihaji di Batang, Rabu (9/6) mengatakan bahwa aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah warga setempat mencari pekerjaan sesuai yang diinginkan sehingga nantinya mereka semangat dalam bekerja.

"Oleh karenanya, silakan perusahaan merekrut calon tenaga kerja namun tetap bersinergi dengan Pemkab agar nantinya mendapatkan karyawan sesuai kompetensinya," katanya.

Menurut dia, modifikasi aplikasi "Batang Karir" ini akan lebih memberikan kepastian bagi perusahaan yang membutuhkan calon tenaga kerja karena telah diperkuat dalam Peraturan Bupati Nomor 42 Tahun 2021 Tentang Layanan Penempatan Tenaga Kerja.

"Dulu (perbup) belum ada namun sekarang sudah diperkuat dengan Perbup Nomor 42 Tahun 2021 sehingga nantinya semua perusahaan diwajibkan bersinergi dengan pemkab melalui aplikasi itu," katanya.

Wihaji mengatakan pemanfaatan aplikasi itu memang dikhususkan bagi warga daerah setempat kecuali bagi tenaga kerja dari luar yang memiliki keahlian khusus.

Hingga saat ini, kata dia, sebanyak 15 perusahaan yang sudah bergabung dalam aplikasi "Batang Karir".

"Adapun perusahaan yang sudah bergabung antara lain PT Wan Ho Industrial Company Limited dan Batang Apparel Indonesia. Kami berharap perusahaan lainnya agar bisa bisa menyusul bergabung dalam aplikasi Batang karir," katanya.

Ia mengatakan perusahaan Wan Ho ini bergerak pada bidang replika kendaraan bermotor dan mobil. Perusahaan ini akan membutuhkan 500 tenaga kerja sedang Batang Apparel Indonesia sebanyak 1.200 tenaga kerja.

"Peluncuran aplikasi ini sebagai bentuk keberpihakan pemkab pada warga lokal mendapatkan pekerjaan tanpa mengurangi profesionalisme kerja," katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Batang Suprapto, seperti dikutip dari antaranews.com mengatakan dengan tersedianya layanan penempatan tenaga kerja melalui aplikasi maka akan dapat menurunkan angka pengangguran dan meningkatkan angka kesempatan kerja di daerah.

"Aplikasi ini ada versi 1, 2, dan 3. Versi 1 hanya menyiapkan aplikasi yang dibuat untuk pencari kerja dan perusahaan belum bisa membuat akun. Kemudian versi 2 dimodifikasikan agar semua perusahaan membuat akun di Batang Karir dan versi 3, mereka menginformasikan lowongan pekerjaan yang bisa langsung menerima karyawan sesuai kompetensi yang diharapkan," katanya.

Ia menambahkan bagi para pencari kerja dapat membuka aplikasi "Batang Karir" di http://karir.batangkab.go.id. (Kan3)