Ada Bansos PKH Rp900.000 Hingga Beras Gratis yang Cair Hari Ini, Pastikan Nama Kamu Tedaftar Sebagai Penerima!

15 October 2023
sumber: google

KANAL9.ID - Penyaluran bansos yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia melalui Kemensos masih juga dalam tahap penyaluran hingga hari ini 15 Oktober 2023. Bagi para Keluarga Penerima Manfaat bisa mendapatkan bansos dobel dari pemerintah yakni bansos BPNT, PKH, dan bansos beras 30kg.

Bagi yang namanya sudah terdaftar dalam DTKS Kemensos berarti berhak mendapatkan bansos PKH dan BPNT yaitu berbentuk uang tunai dari pemerintah. Kalian juga berhak mendapatkan bantuan tambahan berupa beras 30kg selama 3 bulan lengkap dengan daging dan telur ayam.

Penyaluran bansos oleh pemerintah ini bertujuan untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia yang kurang mampu atau rentan miskin. Bantuan ini diharapkan dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga miskin.

Pemerintah saat ini sedang menyalurkan 3 bansos yakni bansos PKH (Program Keluarga Harapan) yang diberikan kepada keluarga miskin yang telah terdaftar dalam DTKS. Bansos PKH ini sudah disalurkan sejak bulan Januari hingga saat ini bulan Oktober dimana sudah memasuki tahap 4 penyaluran.

Baca juga: Begini Cara Cek Nama Penerima Bansos BPNT Tahap 4 Oktober 2023 Hanya dengan NIK KTP Saja

Selama 1 tahun, penerima bansos PKH ini akan mendapatkan uang tunai dari pemerintah sebesar Rp900.000 hingga Rp3.000.000 tergantung kategori masing-masing. bansos PKH tahap 4 ini dialokasikan untuk bulan Oktober, November dan Desember 2023.

Adapula bansos BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) yang disalurkan oleh pemerintah Indonesia melalui Kemensos yang sekarang juga sudah memasuki tahap 4 seperti bansos PKH. Penerima manfaat akan mendapatkan bansos BPNT ini sebesar Rp400.000 hingga Rp600.000 per bulannya.

Total pemberian bansos BPNT ini kepada penerima manfaat adalah sebesar Rp2.400.000 dalam setahun. Namun, bansos BPNT ini tidak langsung disalurkan semua tetapi akan dibagi menjadi 4 tahap dan penyalurannya melalui Bank Himbara (BNI, BRI, BSI, Mandiri) atau PT Pos Indonesia.

Sama seperti bansos PKH, bansos BPNT tahap 4 ini dialokasikan untuk penyaluran bulan Oktober, November dan Desember 2023. Terakhir ada bansos beras sebanyak 30kg yang saat ini masuk dalam tahap 2 penyaluran alokasi bulan September, Oktober dan November 2023.

Pemberian bansos beras oleh pemerintah ini yang dilansir dari laman resmi bulog.co.id bertujuan untuk menekan harga beras dan bahan pangan dipasaran agar tidak melonjak naik. Apalagi saat ini sedang memasuki periode natal dan Tahun Baru.

Baca juga: Cepat Ambil! Bansos PKH Oktober 2023 Sudah Cair Hingga Rp750 Ribu, Cek Daftar Penerima Berikut Ini

Beberapa kategori ini yang berhak mendapatkan bansos beras sebanyak 30kg oleh para Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Berikut 4 kategori penerima bansos beras, antara lain:

  • Penerima Program Keluarga Harapan (PKH)
  • Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)
  • Penerima PKH dan BPNT
  • Penerima yang memiliki balita/anak beresiko stunting

Banso beras sebesar 30kg ini akan diberikan kepada para penerima manfaat sebesar 10kg per bulan yang akan dibagikan selama 3 bulan. Penerima manfaat juga akan mendapatkan tambahan bahan pangan lainnya seperti daging ayam dan telur ayam kepada 1,4 juta balita yang mengalami stunting.

Penerima manfaat akan membawa pulang bantuan berupa beras 10kg, 1 kg daging ayam dan juga 10 butir telur ayam. Bansos ini bisa kalian ambil di kantor pos terdekat atau kantor kelurahan di wilayahmu dengan syarat membawa fotokopi KK dan KTP.

Ketiga bansos tersebut yakni bansos PKH, BPNT, dan bansos beras dijadwalkan cair serentak bulan Oktober ini hingga bulan Desember nanti. Bagi kalian wajib mengecek nama kalian melalui website resmi cekbansos.kemensos.go.id untuk mengetahui apakah kalian terdaftar menjadi penerima atau tidak.

*KM-02

Terkait