Akun DANA Diproteksi atau Error? Bisa Atasi dengan Cara Ini

6 February 2024
Ilustrasi akun DANA diproteksi. (Foto: Andini Wahyu Pratiwi)

kanal9.id - Akun DANA diproteksi, error atau tidak dapat digunakan menjadi permasalahan yang cukup mengganggu bagi pengguna. Terlebih apabila pengguna hendak melakukan sejumlah transaksi.

Adapun akun DANA diproteksi atau error sendiri memang sering terjadi baik karena masalah jaringan ataupun lantaran banyaknya cache yang menumpuk dan tidak pernah dihapus.

Namun, tak jarang akses pengguna ke akun DANA diproteksi atau error lantaran ada kegagalan saat percobaan masuk akun beberapa kali seperti salah pin 3 kali.

Dalam hal ini, apabila setelah 1 jam, PIN atau kode OTP ketiga masih tetap salah tiga kali secara berturut-turut dipercobaan ketiga, maka akun DANA diproteksi secara permanen.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Akun DANA Dibekukan dan Begini Cara Mengatasinya

Akun DANA diproteksi juga bisa terjadi apabila ada faktor lain seperti kecurigaan terhadap aktivitas yang mencurigakan, pelanggaran terhadap ketentuan layanan, atau masalah keamanan.

Lantas apa saja ciri-ciri apabila akun DANA diproteksi? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Ciri-ciri Akun DANA Dibekukan

Bagi pengguna, penting untuk mengenali ciri-ciri yang mungkin menunjukkan bahwa akun DANA dibekukan. Pasalnya pengguna bisa segera melakukan tindakan agar akun DANA tidak dibekukan secara permanen.

Secara umum, berikut adalah beberapa ciri-ciri akun dana yang dibekukan:

  • Akun DANA tidak dapat diakses
  • Transaksi ditolak
  • Ada pemberitahuan di aplikasi ataupun email berisi informasi bahwa akun DANA kamu dibekukan
  • Muncul pemberitahuan terkait pelanggaran
  • Ada verifikasi tambahan

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi apabila akun DANA error atau tidak bisa digunakan? Berikut cara untuk mengatasinya:

Cara Mengatasi Akun DANA Error atau Tidak Bisa Digunakan

  • Tutup aplikasi DANA Anda terlebih dahulu
  • Hapus Cache aplikasi DANA
  • Pastikan aplikasi DANA Anda sudah update ke versi terbaru melalui Google Play Store atau App Store
  • Pastikan kuota internet Anda mencukupi dan jaringan yang Anda gunakan stabil
  • Silakan ganti ke jaringan lain (Wifi atau seluler)
  • Nonaktifkan VPN, jika sedang tersambung dengan VPN
  • Anda dapat mencoba kembali secara berkala

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi apabila akun DANA diproteksi? Berikut cara untuk mengatasi dan membuka akun DANA yang diproteksi:

Cara Atasi Akun DANA Diproteksi

1. Melaporkan Keluhan ke DIANA (Asisten Digital DANA)

Melansir dari laman resmi Help Center DANA Indonesia, apabila akun DANA diproteksi, maka pengguna dapat segera mengirim keluhan ke DIANA (Asisten Digital DANA) dengan cara sebagai berikut.

  • Buka aplikasi DANA
  • Klik Saya pada menu Pusat Resolusi
  • Klik Bantuan
  • Pilih Chat dengan DIANA untuk bantuan selanjutnya

Tenang, adapun layanan DIANA tersedia nonstop 24 jam di setiap harinya untuk membantu menjawab pertanyaan maupun kendala seputar transaksi maupun seputar akun DANA.

2. Menghubungi Layanan Pelanggan/Call Center DANA

Hal yang bisa dilakukan berikutnya yakni dengan menghubungi layanan pelanggan (call center DANA) untuk melakukan keluhan atau pengaduan lainnya terkait masalah akun DANA diproteksi.

Adapun pengguna yang akun DANA diproteksi dapat menghubungi customer service di nomor 1500 445 atau di email [email protected]. Layanan pelanggan resmi DANA tersebut juga hadir 24 jam.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara mengatasi akun DANA diproteksi agar dapat digunakan kembali dan tidak dibekukan secara permanen. Semoga bermanfaat.***

Kontributor:

Terkait