Akun DANA Diproteksi? Begini Cara Mengatasinya, Saldo Tetap Aman

25 January 2024
Ilustrasi cara mengatasi akun DANA diproteksi

kanal9.id – Tenang, tidak perlu panik saat akun DANA kamu sedang diproteksi. Coba lakukan cara untuk mengatasi akun DANA diproteksi dengan mudah dan saldo tetap aman di artikel ini.

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa akun sampai perlu diproteksi, tujuan dari akun DANA diproteksi sendiri adalah untuk mengantisipasi adanya indikasi kegiatan yang berbahaya.

Ada dua jenis akun DANA diproteksi, yakni proteksi atau dibekukan secara sementara dan juga secara permanen. Apabila akun hanya dibekukan sementara, maka pengguna bisa mengajukan banding untuk mengembalikan akun.

Jadi, wajib bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi akun DANA yang diproteksi. Apabila kamu belum tahu, silakan simak ulasan lengkap artikel berikut ini.

Baca juga: Berapa Lama Akun DANA Diproteksi? Simak Begini Penjelasannya

Alasan akun diproteksi

Agar kamu tidak perlu kebingungan lagi mencari tahu bagaimana cara untuk menghadapi akun DANA dibekukan, setidaknya kamu harus paham terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab akun kamu mengalami pembekuan. Dengan begini kamu bisa lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan akun, langsung saja berikut ini penyebab akun dibekukan.

Penyebab akun yang dibekukan bisa saja karena pengguna salah memasukkan PIN lebih dari tiga kali. Biasanya pihak DANA akan membekukan akun untuk sementara.

Selain itu, bisa jadi juga karena adanya transaksi yang mencurigakan. Diketahui atau tidak, jika kamu terlalu sering berpindah-pindah device, bisa saja akun kamu juga akan dibekukan.

Tidak hanya itu saja, apabila login menggunakan perangkat yang baru dan tidak dikenali juga bisa menjadi salah satu alasan pembekuan. Maka dari itu, pastikan agar sebisa mungkin kamu menghindari beberapa hal di atas.

Baca juga: Awas! Ini Ciri-Ciri Akun DANA Dibekukan, Segera Lakukan Ini

Cara mengatasi akun DANA diproteksi

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan akun kamu. Dua cara tersebut akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Melalui Asisten Digital Dana

  • Buka aplikasi DANA
  • Pilih bagian Saya
  • Klik opsi Pusat Resolusi
  • Ketikkan bahwa kamu ingin “mengembalikan akun DANA yang dibekukan”
  • Selanjutnya kirimkan aduan kamu ke DIANA
  • DIANA akan merespon aduan kamu

2. Melalui customer service DANA

Kamu bisa menghubungi customer service DANA apabila akun kamu dibekukan. Cara ini kamu bisa lakukan dengan cara menghubungi CS DANA pada nomor 1500445. Kamu akan dimintai penjelasan mengenai apa yang ingin dibantu.

Pastikan jika kamu menjelaskan secara rinci mengenai pembekuan akun kamu. Jangan lupa juga sampaikan semua kronologi awal kejadian pembekuan akun milikmu.

Baca juga: 3 Cara Atasi Akun DANA Dibekukan, Kenali Dulu Persyaratannya

Bila memang diperlukan, lampirkan juga persyaratan untuk memulihkan akun sesuai dengan ketentuan yang berlaku. CS DANA akan memberikan respon terkait aduan pembekuan akun kamu maksimal selama 2x24 jam.

Pastikan kamu selalu memantau email yang tedaftar akun DANA untuk mengetahui bagaimana proses pengembalian akun kamu. Apabila sudah beres, dan kamu menerima email pemulihan, maka kamu bisa langsung login kembali seperti sedia kala.

Jika ingin akun kamu pulih kembali, maka kamu bisa mempraktikkan beberapa cara di atas. Dengan begitu, saldo yang ada di dalam akun kamu tetap aman dan kamu juga bisa bertransaksi seperti sebelumnya.

Itulah penjelasan mengenai cara mengatasi akun DANA yang dibekukan. Tentunya sangat mudah sekali bukan untuk mengembalikan akun yang mengalami pembekuan, penting sekali untuk mengembalikan akun yang diproteksi. ***

Terkait