Amankan Pilkades Serentak di Temanggung 30 Juni Ini, 2.000 Personel Diterjunkan

24 June 2022
Foto : jatengprov.go.id

KABUPATEN TEMANGGUNG -

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Temanggung bakal digelar pada 30 Juni 2022 mendatang. Untuk mengamankannya, ribuan personel gabungan bakal diterjunkan selama tahapan.

Dikutip dari jatengprov.go.id, Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi mengatakan sedikitnya 2.000 personel akan dilibatkan untuk pengamanan Pilkades, yang akan digelar di 37 desa, yang tersebar pada 15 kecamatan di Kabupaten Temanggung. Mereka berasal dari Polda Jateng, Brimob dan Polres Temanggung.

“Mereka yang diterjunkan, untuk pengamanan Pilkades, dan memastikan Temanggung dalam kondisi kondusif,” kata Kapolres.

Kapolres mengatakan, pengamanan Pilkades juga melibatkan personel TNI. Penugasan personel keamanan tidak hanya pada hari pencoblosan saja, namun sejak sebelum tahapan dimulai.

Nantinya, kata Kapolres, dalam pengamanan, personel akan mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan. Jika ada hal yang mengarah pada keonaran atau ketidakstabilan keamanan, akan diupayakan untuk diredam melalui dialog dengan berbagai pihak.

Sementara Bupati Temanggung HM Al Khadziq mengatakan, deklarasi damai harus dipatuhi kontestan Pilkades. Melalui kegiatan itu, dapat mengingatkan peserta pemilihan untuk kebaikan bersama, yakni memilih pemimpin terbaik untuk kelangsungan pembangunan.

“Harapan terpilih pemimpin secara demokratis, yang mempunyai legitimasi kuat di masyarakat,” kata bupati.

Sedangkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Temanggung Gema Artisti Wahyudi mengatakan, Pilkades akan digelar di 37 desa pada 15 kecamatan dengan jumlah peserta sebanyak 107 orang.

“Pendaftar Pilkades sebanyak 122 orang, setelah seleksi hanya ada 107 peserta,” katanya.

Saat ini, imbuh, Gema, tahapan yang dilakukan yakni sosialisasi kepada masyarakat. Kemudian, rencana pencoblosan akan digelar pada 30 Juni mendatang. (MC.TMG/WH/K5)

Terkait