Antisipasi Teror DC Shopee dengan Mengetahui Hak Debitur, Bisa Lakukan Penolakan?

22 March 2024
Ilustrasi hak debitur untuk menghindari teror DC Shopee

kanal9.id - Permasalahan DC Shopee lagi-lagi menjadi hal yang paling menyeramkan untuk kebanyakan debitur galbay. Pasalnya memang ada beberapa dc yang bahkan melakukan teror terhadap debitur, untuk itu kamu harus paham apa saja hak kamu sebagai debitur.

Dengan mengetahui hak yang kamu miliki, maka kamu tidak perlu ketar-ketir lagi apabila mendapatkan teror yang mengatasnamakan DC Shopee. Dengan kemudahannya dalam proses pinjaman, maka tidak heran jika pinjaman di Shopee sangatlah banyak diminati.

Tentunya juga bahkan banyak juga debitur yang malah galbay atau gagal bayar, yang malah berujung dengan berurusan dengan DC Shopee. Yah bagaimana tidak berurusan dengan debt collector kalau kamu saja lebih memilih mangkir daripada membayar hutang.

Sebagai debitur, meskipun galbay kamu masih tetap memiliki beberapa hak sebagai konsumen. Hak inilah yang bisa kamu gunakan sebagai senjata jika mendapatkan teror dari DC Shopee.

Baca juga: Dear Debitur Galbay, Jangan Lakukan Kesalahan Ini Saat Menghadapi DC Shopee jika Tidak Ingin Berbahaya

Hak debitur agar terhindar dari teror DC Shopee

1. Transparansi informasi

Debitur berhak mendapatkan informasi secara jelas dan rinci mengenai besaran hutang yang dimiliki. Rincian tersebut meliputi jumlah hutang, denda, bunga, hingga tenor pembayarannya.

2. Melaporkan kesalahan perhitungan

Sebagai debitur yang cerdas, kamu juga wajib paham besaran hutang yang kamu miliki. Jika kamu mendapatkan tagihan dengan jumlah yang salah, maka kamu bisa mengkomunikasikan dengan penyedia layanan agar segera diperbaiki secara transaparan.

3. Meminta keringanan

Kamu juga boleh melakukan pengajuan keringanan dengan cara bernegosiasi dengan debt collector dengan cara yang baik. Debitur juga bisa meminta penundaan, restrukturisasi utang, maupun pembayaran yang bertahap jika merasa sulit membayar.

4. Diperlakukan dengan baik

Jika mendapatkan perlakuan yang kurang baik ataupun kasar, maka debitur berhak melakukan laporan mengenai perlakuan debt collector tersebut. Debitur juga dapat melaporkan ke OJK atau YLKI supaya tindakan tersebut cepat ditangani.

Baca juga: Jangan Salah! Inilah Ciri DC Shopee Datang ke Rumah yang Wajib Debitur Galbay Ketahui

5. Menolak penagihan

menolak penagihan lewat pihak ketiga atau debt collector. Praktik penagihan hutang harus dilakukan debt collector resmi dari pihak penyedia layanan.

6. Bukti pembayaran

Hukumnya wajib bagi debt collector untuk menyertakan bukti bayar saat melakukan penagihan. Bukti pembayaran utang sangat penting mencantumkan jumlah pembayaran, tanggal pembayaran, serta identitas DC yang sedang bertugas melakukan penagihan.

7. Bebas dari teror

DC yang menghubungi debitur secara berlebihan jadi menjadi lebih condong sebagai bentuk teror, seperti halnya mendapatkan telepon berkali-kali. Sebagai debitur, kamu berhak menentukan kapan waktu bisa dihubungi dan debt collector harus mengikuti keputusan tersebut.

Itulah serangkaian hak yang kamu memang layak kamu dapatkan sebagai seorang debitur, yah meskipun kamu seorang debitur yang gagal bayar sekalipun. Kamu masih tetap memiliki hak-hak yang sama dan harus juga dijamin oleh pihak penyedia layanan.

Baca juga: Cara Menghindari DC Shopee dengan Bijak, Debitur Galbay Tidak Perlu Panik

Jadi, jika kamu mengalami hal yang tidak seharusnya saat berhadapan dengan penagih, maka kamu bisa melaporkannya. Kamu tidak perlu khawatir jika memang diancam, karena pinjaman di Shopee sudah legal maka kamu juga akan mendapatkan perlindungan dari OJK jika memang diperlukan.

Sehingga ancaman tersebut kemungkinan tidak akan pernah bisa berlaku atau hanya sebatas gertakan belaka. Jika memang kamu tidak mau mendapatkan kunjungan dc maka sebaiknya kamu melakukan pembayaran sesuai prosedur yang telah disepakati.

Itu tadi semua hak yang dimiliki debitur untuk mengantisipasi adanya teror mengerikan yang diperoleh dari DC Shopee. Sebagai debitur kamu harus bijak saat menghadapi DC, jangan sampai melakukan kesalahan yang tidak seharusnya kamu lakukan.(*)

Kontributor:

Terkait