Apa Itu DC Shopee Paylater? Dan Apa Tugasnya?

19 April 2024

Kanal9.id- DC Shopee Paylater merupakan pihak ketiga dimana tugasnya menagih orang-orang yang mengalami galbay. Biaanya mereka datang saat nasabah galbay 2-3 bulan seteah jatuh tempo.

Saat DC Shopee paylater datang ke rumah, mereka biasanya akan menunjukkan surat tugas penagihan. Lalu kamu akan ditanya mengenai keterlambatan membayar.

Untuk itu jika kamu penasaran tentang DC Shopee Paylater, baca artikel ini sampai akhir!

baca juga Mengenal Lebih Jauh Tugas DC Shopee Agar Terhindar Dari Konflik Tagih-Menagih!
Apa Itu DC Shopee Spaylater?

Apa itu Shopee PayLater? Ini adalah fitur yang serupa dengan kartu kredit, dirancang untuk membantu pembeli yang kekurangan dana tetapi ingin membeli barang di platform e-commerce tersebut. Dikenal sebagai 'pay later', yang artinya 'bayar kemudian' dalam Bahasa Indonesia, fitur ini memungkinkan pengguna untuk membayar pembelian mereka secara bertahap selama beberapa bulan ke depan.

Layanan ini disediakan oleh PT Commerce Finance dan mitra perusahaan jasa keuangan lainnya, yang bekerja sama untuk memberikan pinjaman kepada pembeli yang berbelanja di Shopee. PT Commerce Finance telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebagaimana halnya dengan aplikasi pinjaman online yang resmi.

Pengguna Shopee PayLater yang memanfaatkan skema pinjaman diwajibkan mengembalikan jumlah uang yang dipinjam sesuai dengan pilihan jangka waktu dan cicilan yang telah ditentukan. Jangka waktu cicilan yang tersedia mencakup periode tiga bulan, enam bulan, dan 12 bulan.

Agar terhindar dari denda keterlambatan, pengguna harus membayar tagihan Shopee PayLater sebelum tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan. Pembayaran harus dilakukan dalam beberapa angsuran sesuai dengan jangka waktu pinjaman yang telah dipilih sebelumnya. Tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan Shopee PayLater adalah setiap tanggal 5 di bulan berikutnya setelah munculnya tagihan.

baca juga Ini Dia Resiko Yang Akan Kamu Hadapi Saat Galbay, Selain Dari Didatangi DC Shopee Paylater!

Menggunakan Shopee Paylater membawa konsekuensi yang signifikan. Pertama-tama, ada denda yang dikenakan jika pembayaran terlambat, yakni sebesar 5% dari total tagihan setiap bulannya. Denda ini dapat bertambah dan memberatkan keuangan secara bertahap jika tidak segera diselesaikan.

Selain denda, pengguna juga akan mengalami pembatasan akses ke beberapa fitur di aplikasi Shopee sebagai sanksi tambahan. Hal ini termasuk kehilangan kemampuan untuk menggunakan voucher atau mendapatkan promo gratis ongkir.

Tidak membayar tagihan Shopee Paylater juga dapat merusak reputasi finansial pengguna, karena riwayat keterlambatan pembayaran akan tercatat di SLIK OJK, yang bisa menghambat kemungkinan mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan lain. Tim penagih utang dari Shopee akan tetap menagih tagihan yang belum terbayar, bahkan bisa menggunakan berbagai cara seperti melalui media sosial atau bahkan kunjungan langsung ke rumah.

Jika kasusnya berlanjut, pengguna bisa dihadapkan pada sanksi hukum, termasuk kemungkinan dipenjara, terutama jika pihak terkait memutuskan untuk menuntut secara hukum atas keterlambatan pembayaran. Oleh karena itu, penting untuk mengelola hutang dengan baik demi menjaga stabilitas finansial dan mencegah konsekuensi yang lebih berat.

baca juga Ini Cara Tepat Menghadapi DC Shopee Paylater Yang Datang Ke Rumah, Anti Ribut-Ribut Club!

Ada beragam alasan mengapa beberapa pengguna layanan Shopee Paylater enggan atau terlambat membayar tagihan mereka. Salah satunya adalah karena menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan hadiah dari Shopee.

Penipu ini menghubungi calon korban dengan janji-janji hadiah, lalu meminta kode OTP untuk tujuan pencairan Shopee Paylater atau Shopee Pinjam. Korban tidak menyadari bahwa mereka telah ditipu dan akhirnya terjerat dalam utang tanpa disadari. Meskipun demikian, mereka tetap akan ditagih oleh DC Shopee spaylater.

Selain itu, ada juga yang malas membayar tagihan Shopee Paylater karena hanya ingin mencari uang dan kemudian melarikan diri tanpa berniat untuk melunasi. Alasan lainnya adalah kesulitan ekonomi yang membuat seseorang tidak mampu membayar tagihan tepat waktu, baik karena kehilangan pekerjaan, mengalami musibah, atau alasan ekonomi lainnya.

Tidak hanya itu, ada juga yang mengalami pembatasan akun Shopee, sehingga membuat mereka sulit untuk mengakses layanan Shopee Paylater. Meskipun demikian, tidak semua orang yang kesulitan membayar tagihan Shopee Paylater adalah jahat.

baca juga

Ada yang memiliki niat baik untuk melunasi, namun terhalang oleh kesulitan ekonomi. Sebelumnya, Shopee juga membuat kebijakan untuk mengurangi limit Shopee Paylater menjadi nol sebagai langkah pencegahan.

Kontributor:

Terkait