Awas! Ini Ciri-Ciri Akun DANA Dibekukan, Segera Lakukan Ini

24 January 2024
Ilustrasi ciri-ciri akun DANA dibekukan

kanal9.id – Salah satu permasalahan yang bisa terjadi pada akun DANA adalah pembekuan, masalah ini bisa dikatakan lumayan serius. Untuk itu, pengguna wajib mengetahui apa saja ciri-ciri akun DANA yang dibekukan.

Akun DANA yang mengelami pembekuan, tentu saja karena akun tersebut bermasalah. Apabila tidak segera diatasi maka akun bisa dibekukan selamanya yang berarti saldo di dalamnya juga akan hangus begitu saja, jadi jika kamu memiliki akun DANA wajib untuk mengetahui ciri-ciri akun DANA dibekukan.

Mengenali ciri-ciri akun DANA yang dibekukan sangatlah penting. Hal ini diperlukan agar pengguna cepat mengambil tidakan apabila ada indikasi akun dibekukan, sehingga tidak terjadi hal yang lebih tidak diinginkan lagi.

Akun yang dibekukan juga bisa saja demi keamanan akun tersebut. Bisa saja apabila misalnya ada akun yang dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, maka dengan dibekukan kemungkinan saldo akan tetap aman. Langsung saja inilah ulasan lengkap tentang ciri-ciri akun DANA dibekukan.

Baca juga: 3 Cara Atasi Akun DANA Dibekukan, Kenali Dulu Persyaratannya

Penyebab akun dibekukan

  • Salah 3 kali berturut-turut atau lebih dalam memasukkan PIN
  • Adanya transaksi yang mencurigakan
  • Terlalu sering berpindah device
  • Login DANA menggunakan perangkat baru yang tidak dapat dikenali
  • Login DANA memakai jaringan yang berbeda

Ciri-ciri akun DANA dibekukan

Ada beberapa tanda yang bisa kamu kenali apabila akun kamu dibekukan. Tanda-tanda ini merupakan ciri-ciri yang umum apabila akun mengalami pembekuan.

1. Pemberitahuan akun dibatasi

Setelah akun kamu dibekukan, maka akan muncul pemberitahuan berupa notifikasi melalui pesan pop up yang menyatakan mengenai alasan mengapa akun kamu dibekukan. Meskipun notifikasi ini dapat dihilangkan, akan tetapi akun kamu tetap saja masih dibatasi.

2. Tidak bisa digunakan transaksi

Saat akun dibatasi bisa jadi salah satu dampaknya adalah akun tidak dapat melakukan transaksi. Akun tidak akan bisa melakukan transaksi dalam bentuk apapun, baik transfer, tarik tunai, top up, ataupun mengirim saldo kea kun lain.

Baca juga: Berapa Lama Akun DANA Diproteksi? Simak Begini Penjelasannya

3. Keluar sendiri/akun tidak bisa digunakan

Akun akan logout secara otomatis setelah mengalami pembekuan. Hal ini akan berlangsung sementara jika memang tidak terindikasi adanya kegiatan yang berbahaya dan bisa kembali apabila sudah mengajukan pemulihan akun.

Hal yang harus dilakukan

Sebaiknya kamu tidak menyepelekan akun DANA kamu yang mengalami beberapa hal di atas. Karena mengembalikan akun DANA yang dibekukan sangatlah penting.

Tentu saja sangatlah penting, apalagi jika di dalamnya masih terdapat saldo yang lumayan. Selain itu, terlebih lagi jika kamu sering melakukan transaksi menggunakan aplikasi DANA.

Maka, sebaiknya kamu segera melakukan pengajuan pemulihan akun milik kamu. Tenang, kamu tidak perlu khawatir karena akun yang dibekukan bisa kembali dipulihkan.

Baca juga: Akun DANA Dibekukan tapi Transaksi Jalan Terus, Berapa Nomor WA CS DANA? Bagaimana Cara Berbicara dengan CS DANA?

Kamu juga tidak perlu risau karena cara untuk mengembalikannya juga sangat mudah. Untuk mengetahui bagaimana caranya, kamu bisa cek ulasan berikut.

1. Melalui asisten DIANA

Kamu bisa menghubungi pusat bantuan aplikasi DANA yakni yang dikenal dengan asisten DIANA. Untuk melakukan pengaduan melalui asisten DIANA, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke aplikasi
  • Pilih menu Saya
  • Pilih opsi Pusat Resolusi
  • Tulislah bahwa kamu ingin mengembalikan akun DANA yang dibekukan
  • Lalu kirimkan aduan kamu ke DIANA atau Asisten Digital Dana
  • Aduan kamu akan diproses

2. Hubungi Customer Service DANA

Selain melalui DIANA, kamu juga bisa menghubungi CS aplikasi DANA. Proses pengajuan ini bisa dilakukan apabila akun kamu mengalami pembekuan secara permanen.

  • Hubungi customer service DANA pada nomor 1500445
  • Sampaikan secara detail apa yang terjadi dengan akun kamu
  • Lampirkan syarat yang diperlukan untuk pengajuan pengembalian akun
  • Kamu tinggal menunggu aduan kamu diproses, maksimal 2x24 jam
  • Cek email yang terdaftar di akun DANA secara berkala

Demikian ciri-ciri akun DANA yang dibekukan, jika akun kamu mengalami tanda-tanda yang disebutkan di atas, maka segera ajukan pengembalian akun. Pembekuan ini ada yang secara sementara dan juga permanen.***

Kontributor:

Terkait