Banjir Kudus: Catatan BPBD Jateng, hingga Senin Ribuan Rumah di Kudus Masih Terendam Banjir

19 March 2024
jalan raya Pantura Demak - Semarang terputus karena banjir (Schreeshoot ANTARA)

kanal9.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Jateng mencatat hingga Senin (18/3) banjir Kudus Jateng masih merendam 6.605 rumah dan 40.869 jiwa terdampak.

BPBD Jateng mencatat hingga Senin (18/3) banjir Kudus sejak Rabu (13/3) atau enam hari terakhir akibat hujan deras di wilayah hulu dan melimpasnya Sungai Wulan itu masih merendam 6.605 rumah.

Menurut BPBD jateng, banjir kudus mengakibatkan 40.869 jiwa terdampak di 31 desa dari 8 kecamatan serta sebanyak 2.719 jiwa mengungsi di 22 posko pengungsian.

Dari catatan, banjir Kudus juga menyebabkan 7 orang meninggal karena tenggelam dan tersetruk (terkena hubungan pendek arus listrik), dan ribuan warga masih tinggal di lokasi pengungsian.

BPBD Kudus dalam pernyataan tertulis menyatakan bahwa jumlah yang meninggal dunia menjadi 7 orang. Terdiri atas 6 orang tenggelam dan 1 tersetrum.

BACA JUGA : Pertama Kali Dalam Sejarah Demak Modern: Banjir Kepung Kota Wali, Kiai Hasan Maulana: Perbanyak Dzikir dan Istighfar

Banjir Demak juga tak kalah parah. Akses jalur pantura yang kembali terendam banjir dan tidak dapat dilalui kendaraan di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jateng.

Akses jalur pantura yang kembali terendam banjir dan tidak dapat dilalui kendaraan di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Minggu (17/3/2024).

Banjir dengan ketinggian hingga 70 sentimeter masih merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Selasa (19/3/2024) pagi.

Hingga hari keenam banjir Kudus, atau hari Selasa siang ini, sebanyak 7 orang dilaporkan meninggal. Para korban itu meninggal karena tenggelam di kubangan banjir dan tersetrum di sekitar tiang listrik yang terendam banjir.

BACA JUGA : Apakah Shopee Paylater Bisa Digunakan di Semua Toko? Awas Jangan Sampai DC Shopee PayLater ke Rumah

Kepala BPBD Kudus Mundir kepada wartawan mengatakan, masih ada 51 desa di lima kecamatan yang terendam banjir pada Selasa. Lima kecamatan yang masih terendam itu adalah Kaliwungu, Mejobo, Jekulo, Jati, dan Undaan.

Demikian artikel tentang banjir Kudus hingga Senin (18/3) masih merendam 6.605 rumah dan 40.869 jiwa terdampak.***

Kontributor:

Terkait