Bansos PKH & BNPT Cair Lagi September 2023 Lewat Kantor Pos, Kriteria Penerima Ini Akan Dapat Bantuan Hingga Rp 3 Juta!

6 September 2023
sumber: google

KANAL9.ID - Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah Indonesia adalah kemiskinan dimana angka kemiskinan yang ada di Indonesia cukup tinggi. Segala cara telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk menanggulangi masalah kemiskinan ini.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia adalah dengan memberikan bantuan sosial (bansos) yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang berasal dari keluarga kurang mampu atau rentan miskin.

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dengan memberikan uang tunai kepada beberapa kategori yang berhak mendapatkan bantuan ini. Serta pemberian bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) berupa sembako kepada keluarga kurang mampu atau rentan miskin.

Bansos PKH dan BNPT melakukan pencairan kembali bulan September ini melalui Kantor Pos, ada beberapa kriteria Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berhak mendapatkan bansos PKH dan BNPT ini bahkan akan mendapat bantuan hingga Rp 3 Juta rupiah.

Baca juga: Kantongi Uang Bantuan Hingga Rp 600.000, Bansos PKH Khusus Lansia Tahap 3 Akan Cair Lagi September Ini!

Penyaluran bansos PKH dan BNPT tahap ke 3 melalui Kantor Pos ini hanya untuk beberapa kategori tertentu saja. PT Pos Indonesia akan segera melakukan penjadwalan bagi para penerima bansos PKH dan BNPT bulan September ini.

Berikut 3 komponen utama bagi yang berhak menerima bansos PKH dan BNPT ini melalui Kantor Pos, antara lain:

  • Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang masuk dalam daerah 3T

Bansos PKH dan BNPT bulan September ini akan diberikan kepada seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang termasuk kedalam 3T yaitu Tertinggal, Terdepan dan Terluar.

  • Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang memiliki KKS bermasalah

Bagi seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang memiliki masalah ketika penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang bermasalah pada saat melakukan pencairan bansos PKH atau BNPT melalui Bank atau yang memiliki KKS yang rusak kemungkinan akan dialihkan lewat Kantor Pos.

  • Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang belum memiliki KKS

Bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang belum memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau baru saja mendaftar sebagai penerima bansos PKH dan BNPT melalui tahap ini akan dialihkan untuk melakukan pencairan lewat Kantor Pos.

Perlu diketahui bahwa pencairan bansos lewat Kantor Pos ini bisa melakukan pencairan melalui 3 metode, antara lain:

1. Pencairan lewat Kantor Pos

PT Pos Indonesia akan memberikan surat undangan untuk pencairan bansos PKH atau BNPT bagi para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berhak menerima. Sehingga para KPM yang menerima surat undangan ini bisa langsung melakukan pencairan bansos di Kantor Pos terdekat.

2. Pencairan lewat Titik Komunitas

PT Pos Indonesia dapat menyalurkan bansos ini melalui titik komunitas dimana titik komunita sini adalah kantor desa di wilayah masing-masing. Jadi bagi para KPM dapat melakukan pencairan bansos lewat kantor desa di tempat tinggal masing-masing.

3. Pencairan lewat Door to Door

Penyaluran bansos PKH dan BNPT dengan metode door to door ini merupakan penyaluran bansos yang dilakukan dengan cara mendatangi rumah-rumah bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Biasanya ini dilakukan bagi penerima bansos kategori lansia dan penyandang disabilitas.

Baca juga: Siap-Siap! Bansos PIP Kemendikbud Cair Hingga 1 Juta September Ini, Berikut Syarat dan Cara Cek Penerimanya!

Kategori Penerima Bansos PKH & BNPT dan Nominalnya

Berikut ini beberapa kriteria penerima bansos PKH dan BNPT yang berhak mendapatkan bantuan. Bagi beberapa kriteria dibawah ini berhak menerima bansos hingga Rp 3 Juta yang akan dibagi menjadi 4 tahap. Ini dia kriteria penerima bansos PKH dan BNPT:

  • Kategori Ibu Hamil menerima bantuan total sebanyak Rp 3.000.000/tahun dengan nominal Rp 750.000/tahap.
  • Kategori Balita usia 0-6 menerima bantuan total sebanyak Rp 3.000.000/tahun dengan nominal Rp 750.000/tahap.
  • Kategori Siswa SD menerima bantuan total sebanyak Rp 900.000/tahun dengan nominal Rp 225.000/tahap.
  • Kategori Siswa SMP menerima bantuan total sebanyak Rp 1.500.000/tahun dengan nominal Rp 375.000/tahap.
  • Kategori Siswa SMA/SMK menerima bantuan total sebanyak Rp 2.000.000/tahun dengan nominal Rp 500.000/tahap.
  • Kategori Lansia usia 60 keatas menerima bantuan total sebanyak Rp 2.400.000/tahun dengan nominal Rp 600.000/tahap.
  • Kategori Penyandang Disabilitas menerima bantuan total sebanyak Rp 2.400.000/tahun dengan nominal Rp 600.000/tahap.

Demikian informasi terkait bansos PKH dan BNPT yang cair bulan Septermber 2023 lewat Kantor Pos. Semoga informasi ini bermanfaat! *KM-02

Terkait