Beberapa Dasar-dasar Trading yang Perlu Dipahami Sebelum Memulai Trading di Pasar Finansial

12 May 2023

SEMARANG - kanal9.id - Berikut adalah beberapa dasar-dasar trading yang perlu dipahami sebelum memulai trading di pasar finansial:

  1. Pasar : Trading di pasar finansial melibatkan pembelian dan penjualan aset seperti saham, obligasi, forex, komoditas, dan lain sebagainya. Pasar finansial memiliki dinamika sendiri yang memengaruhi pergerakan harga aset.

  2. Strategi trading : Strategi trading mencakup metode untuk memilih aset yang akan diperdagangkan, waktu untuk masuk dan keluar pasar, dan bagaimana mengelola risiko.

  3. Analisis pasar : Ada dua jenis analisis pasar, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal. Analisis fundamental melibatkan penilaian kondisi ekonomi, politik, dan sosial suatu negara atau perusahaan untuk memprediksi arah harga aset. Sementara analisis teknikal menggunakan grafik dan indikator teknikal untuk menganalisis pergerakan harga masa lalu dan memprediksi arah harga masa depan.

Baca : Mau Terjun Dunia Trading? Ini Persiapannya..

  1. Order : Ada beberapa jenis order yang dapat digunakan dalam trading, yaitu order pasar, limit order, stop order, dan lain sebagainya.
  2. Manajemen risiko : Manajemen risiko melibatkan pengendalian risiko dengan membatasi ukuran trading, menempatkan stop loss, dan mengelola risiko dengan cara lain.

  3. Psikologi trading : Psikologi trading mencakup aspek emosi yang terlibat dalam trading, seperti keserakahan, ketakutan, kesabaran, dan disiplin.

  4. Kinerja trading : Kinerja trading mencakup hasil trading dalam jangka waktu tertentu, dan dapat diukur dengan rasio risk-to-reward, profitabilitas, dan rasio Sharpe.

Memahami dasar-dasar trading adalah penting untuk memulai trading dengan baik dan meningkatkan peluang sukses di pasar finansial.

Terkait