Berikut Syarat PPDB Jabar 2024, Catat!

3 June 2024

Kanal9.id - Pendaftaran untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK/SLB di Jawa Barat (Jabar) tahap 1 telah dimulai pada hari Senin (3/6/2024) dan akan berlangsung hingga Jumat (7/6/2024).

PPDB Jabar tahap 1 ini menawarkan jalur zonasi dengan kuota 50%, serta jalur afirmasi KETM sebanyak 15% untuk peserta SMA dan 15% untuk peserta SMK. Terdapat juga jalur prioritas terdekat dengan kuota 10% untuk SMK.

Informasi lebih lanjut dan proses pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi PPDB Jabar di https://ppdb.jabarprov.go.id/. Prosedur pendaftaran termasuk pemilihan jalur, penjelasan alur PPDB, jadwal pelaksanaan, serta lokasi sekolah sesuai jalur yang dipilih. Pastikan untuk menyiapkan semua dokumen yang diperlukan sebelum memulai proses pendaftaran.

baca juga DC Shopee Datangi Kantor Nasabah, Memangnya Boleh?

Persyaratan Pendaftaran PPDB Jabar 2024 mencakup berkas-berkas berikut:

  1. Ijazah SMP atau setara, atau surat keterangan pengganti yang diakui;
  2. Akta kelahiran atau Kartu Identitas Anak dengan batas usia maksimal 21 tahun pada 1 Juli tahun berjalan dan belum menikah
  3. Bagi calon peserta didik penyandang disabilitas, pengecualian diberikan untuk batas usia dan persyaratan ijazah, kecuali untuk yang akan melanjutkan ke SMPLB atau SMALB, yang harus menyertakan ijazah SDLB atau SMPLB;
  4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua peserta didik;
  5. Kartu Keluarga (KK) yang mencantumkan domisili calon peserta didik; serta Surat Tanggung Jawab Mutlak
  6. Pakta Integritas dari orang tua, menyatakan keaslian data calon peserta didik dan bersedia menerima sanksi atas pemalsuan, dengan formulir yang dapat diunduh dari website PPDB.

Ini adalah informasi singkat mengenai persyaratan dan prosedur pendaftaran PPDB Jabar 2024 beserta jadwal lengkapnya. Selamat mencoba!

Kontributor: