Blora Segera Punya Peternakan Sapi Lengkap dari Hulu Hingga Hilir

3 Mei 2021

BLORA - Upaya Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si., untuk memajukan daerah paling timur di Jawa Tengah (Jateng) terus dilakukan. Salah satunya adalah mengembangkan peternakan sapi. Dimana saat ini potensi sapi Blora termasuk yang terbesar di Jateng.

Grand desain Peternakan Sapi dari hulu hingga hilir terus dimatangkan Bupati Arief Rohman dengan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM.

Sebagai salah satu program kerja 99 harinya, Bupati dan Wakilnya ini terus mengajak berbagai stakeholder terkait untuk mematangkan hal ini.

Untuk mewujudkannya, Bupati menggandeng PD. Dharma Jaya, salah satu BUMD DKI Jakarta yang bergerak dalam usaha penyediaan daging sapi dan beragam olahannya. Yang tidak lain agar bisa membantu penyaluran daging hasil peternakan sapi di Kabupaten Blora.

Kamis (29/4) siang, Bupati dan Wakil Bupati datang langsung ke kantor pusat PD. Dharma Jaya di kawasan Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Dengan didampingi staf khusus, Ketua Tim Penggerak PKK, serta Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, rombongan diterima langsung oleh Direktur Utama PD.Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman dan jajarannya.

Di sini, Bupati memaparkan bahwa potensi peternakan sapi di Kabupaten Blora sangatlah melimpah. Hanya saja kuantitas yang terbesar di Jawa Tengah ini belum tergarap dengan maksimal dan banyak dikelola secara individu.

“Oleh karena itu kita ingin menyusun grand desain peternakan sapi hulu-hilir dengan menggandeng PD.Dharma Jaya dalam bentuk penjajakan kerjasama. Standar apa yang diberlakukan dalam hal pemenuhan daging sapi di sini, akan kita coba pelajari agar daging-daging sapi Blora juga bisa ikut memenuhi kebutuhan pasokan daging di DKI,” kata Bupati.

Pihaknya juga ingin melakukan kerjasama Rumah Potong Hewan (RPH) dengan PD. Dharma Jaya. Pasalnya meskipun jumlah sapi di Blora yang terbanyak, namun belum memiliki RPH yang memadahi sehingga sapi banyak dijual keluar daerah dalam kondisi hidup.

Sepekan sekali setidaknya ada 5 truk sapi dikirim dari Blora ke DKI. Padahal jika dapat diolah di daerah, akan bisa memberikan nilai ekonomi tambahan bagi peternak.

“Jika memungkikan, kedepan kita akan upayakan tempat peternakan sapi bersama dengan PD. Dharma Jaya di Blora. Agar Blora bisa menjadi penyuplay stok daging sapi DKI Jakarta. Mengingat bakalan sapi di Blora juga termasuk yang berkualitas unggul,” tambah Bupati.

Mendengar paparan tersebut, Direktur Utama PD.Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman pun menyambut baik dan mengapresiasi komitmen Bupati Blora untuk memajukan peternakan sapi dengan perusahaan yang ia pimpin.

“Kami senang sekali dengan kunjungan Pak Bupati hari ini (kemarin-red), bahwa kerjasama antar daerah yang kali ini sedang digalakkan Pemprov DKI InshaAllah bisa. Kita wujudkan kaitannya dengan ketersediaan daging sapi di Jakarta. Dimana potensi sapi di Blora yang disampaikan tadi sangat banyak, Sehingga kami menunggu tahapan lebih lanjutnya untuk rancangan kerjasama dan teknisnya di lapangan. Mungkin nanti akan kita bentuk tim kecil untuk merumuskan ini,” jelas Raditya. (Kan3)