Breaking News! Gempa 5 Magnitudo Guncang Wilayah Pacitan Jawa Timur, Ini Penjelasan BMKG!

7 May 2024

Kanal9.id - Gempa berkekuatan 5.0 Magnitudo mengguncang wilayah Pacitan, Jawa Timur. Informasi ini disampaikan langsung oleh BMKG melalui akun Twitter resmi BMKG Official.

Dilansir dari informasi resmi BMKG, gempa ini berpusat di 73 sekitar BaratDaya kilometer barat daya Pacitan Jatim dengan kedalaman 24 km. "Gempa dirasakan Magnitudo: 5,0 pada 07 Mei 2024 03:34:59" tulis BMKG.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sendiri telah mencatat dalam sepekan terakhir di wilayah Indonesia terjadi aktivitas gempa signifikan sebanyak 11 kali, dan dirasakan masyarakat dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman.

baca juga Serie A: Hasil Imbang 1-1 Antara Roma vs Juventus

Untuk itu BMKG menghimbau agar masyarakat untuk terus waspada dan hati-hati serta mempelajari bentuk-bentuk mitigasi saat terjadi gempa. Berikut langkah antisipasi saat terjadi gempa:

1. Jika berada di dalam ruangan: diamlah sejenak, jangan panik dan segeralah keluar dari bangunan.

2. Secepatnya mencari perlindungan di bawah meja atau di dekat pintu. Jauhi tempat-tempat yang mungkin mengakibatkan luka seperti kaca, pipa gas atau benda-benda tergantung yang mungkin akan jatuh menimpa.

3. Jika berada di luar rumah: tinggallah atau carilah tempat yang bebas dari bangunan-bangunan, pohon atau dinding.

4. Jangan memasuki bangunan meskipun getaran gempa sudah berhenti karena tidak mustahil runtuhan bangunan masih dapat terjadi.

5.Jika berada di tengah keramaian: janganlah turut berdesak-desakan mencari jalan keluar, meskipun orang-orang yang panik mempunyai keinginan yang sama. Carilah tempat yang tidak akan kejatuhan runtuhan.

baca juga Kilas Balik Kemeriahan Puncak Acara Semarang Night Carnival: Pagelaran Wayang Hingga Fashion Show Kostum Unik!

6. Jika berada dalam bangunan tinggi: secepatnya mencari perlindungan di bawah meja dan jauhilah jendela atau dinding luar bangunan.

7. Tetaplah berada di lantai di mana kamu berada ketika gempa terjadi, dan jangan gunakan elevator atau lift yang ada.

8.Jika sedang mengendarai kendaraan: hentikan kendaraan kamu dan tetaplak berada di dalam mobil dan pinggirkan mobil kamu. Jangan berhenti di atas jembatan, atau di bawah jalan layang.

Demikianlah artikel breaking news mengenai gempa 5 Magnitudo mengguncang wilayah Pacitan, Jawa Timur.

Kontributor: