Cara Membayar Tagihan SPayLater Jika Akun Hilang, Jangan Sampai Galbay Shopee PayLater

12 February 2024
Ilustrasi cara membayar tagihan SPayLater jika akun hilang agar tidak galbay Shopee PayLater

kanal9.id - Salah satu keresahan yang banyak dikeluhkan adalah bagaimana cara membayar tagihan SPayLater jika akun hilang. Tentunya para debitur tidak mau jika sampai galbay Shopee PayLater hanya karena telat melakukan pembayaran sebab terkendala akun yang hilang.

Saat akun hilang, tentunya akan menimbulkan kepanikan bagi siapa saja yang mengalaminya. Oleh sebab itu, wajib bagi debitur SPayLater mengetahui cara membayar tagihan SPayLater jika akun hilang agar tidak galbay Shopee PayLater.

Karena pada dasarnya, meskipun dengan alasan akun hilang atau yang lainnya, tagihan memanglah wajib untuk dilunasi.Lantas, bagaimana cara membayar tagihan SPayLater jika akun hilang, agar tidak sampai galbay Shopee PayLater?

Jika memang tidak mau galbay Shopee PayLater meskipun akun kamu hilang ataukah tidak dapat digunakan. Coba simak ulasan lengkap mengenani cara membayar tagihan SPayLater apabila akun hilang.

Baca juga: Awas Galbay Shopee PayLater, Cek Kapan Tagihan SPayLater Harus Dibayar

Faktor yang menyebabkan akun hilang

Akun hilang yang dimaksudkan di sini adalah kondisi di mana akun yang tidak dapat diakses. Ini bisa saja terjadi karena beberapa hal, di antaranya sebagai berikut.

  • Gagal melakukan verifikasi wajah
  • Salah memasukkan nomor telepon
  • Salah memasukkan password
  • Kadaluarsanya kode yang digunakan untuk verifikasi
  • Masalah teknis
  • Gagal memindai kode QR
  • Pembatasan akun

Untuk kasus pembatasan akun ini sendiri, bisa jadi ada beberapa faktor yang mengakibatkan akun tersebut harus dibatasi. Salah satunya adalah karena pengguna melakukan pelanggaran terhadap kebijakan yang sudah diberlakukan.

Ataupun, bisa juga karena pengguna telat melakukan pembayaran, sehingga mendapatkan risiko akun yang dibatasi. Selain itu, juga bisa saja karena alasan keamanan.

Baca juga: Tagihan Menumpuk karena Galbay Shopee PayLater? Begini Solusi Agar Tidak Didatangi DC

Cara membayar tagihan jika akun hilang

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, mengenai beberapa faktor yang menjadikan akun hilang atau tidak bisa diakses. Maka inilah cara membayar tagihan SPayLater saat akun hilang untuk menghindari galbay Shopee PayLater.

Jika memang akun yang tidak bisa diakses karena lupa password, maka pengguna bisa melakukan pengaturan ulang sandi miliknya. Hal ini juga bisa dilakukan agar tidak sampai tejadi masalah lainnya karena terlalu sering melakukan kesalahan memasukkan password.

Pengguna juga bisa menghubungi customer service Shopee untuk melakukan pengaduan. Kamu bisa mengubungi CS Shopee jika memang akun kamu mengalami yang namanya pembatasan.

Hal serupa juga bisa kamu lakukan apabila kamu kehilangan HP. Yangmana kondisi tersebut, kamu tidak menghafal akses untuk akun yang kamu miliki.

Baca juga: Ini loh, Cara Mengatasi Akun SPayLater Dibekukan karena Galbay Shopee PayLater

Selain kedua cara di atas, kamu juga bisa mengajukan permintaan kode pembayaran tagihan kepada pihak Shopee melalui SMS. Sebelumnya, kamu harus mengisi formulir pengajuan kode pembayaran tagihan yang kamu miliki.

Kamu bisa mendapatkan formulir ini melalui Help Centre Shopee. Dan bisa langsung melakukan pembayaran setelah mendapatkan kode yang kamu minta.

Untuk mengantisipasi adanya akun yang tidak dapat digunakan karena salah memasukkan password, kamu bisa mencatat persyaratan untuk login agar tidak lupa. Namun, juga harus berhati-hati saat menyimpan informasi terkait privasi akun milikmu.

Jangan sampai informasi penting tersebut diketahui oleh orang lain. Apalagi jika sampai malah kamu memberitahukan secara Cuma-Cuma pada sembaang orang, takutnya jika malah akun kamu digunakan untuk hal-hal yang cenderung merugikan.

Baca juga: Ogah Galbay Shopee PayLater tapi Kesulitan Bayar? Begini Cara Gunakan Keringanan Pembayaran SpayLater

Agar mengantisipasi galbay, kamu juga bisa mengecek akun milik kamu secara berkala. Dengan tujuan guna mengantisipasi adanya kejadian tak terduga seperti halnya akun hilang ini.

Tidak hanya itu, kamu juga harus melakukan pembayaran saat periode cicilan, atau paling tidak selambat-lambatnya pada saat tanggal jatuh tempo. Itulah ulasan lenkap mengenai cara membayar tagihan SPayLater apabila akun hilang agar tiak galbay ShopeePayLater.(*)

Kontributor:

Terkait