Cara Membuat Lumpia Jamur, Oleh Oleh Khas Semarang Camilan yang Bisa Mendatangkan Kemakmuran dan Kekayaan

2 March 2024
Lumpia Jamur Salah Satu Oleh Oleh Khas Semarang

kanal9.id - Lumpia sudah berkembang dan dibuat dengan cita rasa untuk oleh oleh khas Semarang. Cara membuat lumpia rebung (lumpia isi rebung) sudah banyak diketahui masyarakat Kota Semarang.

Keberadaan lumpia Semarang sudah sangat lama, sudah mengelami tiga generasi Lumpia Semarang sudah menjadi oleh oleh khas Semarang yang legendaris dari zaman penjajahan belanda hingga saat ini.

Lumpia biasa dijadikan camilan untuk berkumpul atau sekadar bersantai. Daerah yang sangat terkenal akan olahan lumpianya adalah Kota Semarang. Banyak orang Semarang yang mengetahui cara membuat lumpia isi jamur sebagai oleh oleh khas Semarang.

BACA JUGA: Benarkah Saldo DANA Gratis Langsung Cair dari Triple Tile yang Didownload 50 Juta Pengguna?

Anda bisa membuat sendiri lumpia di rumah. Cara membuat lumpia cukuplah mudah. Lumpia biasanya berisi daging, sayur, atau bahan makanan lain yang dibungkus oleh kulit tipis dari tepung dan telur.

Anda kini tak perlu repot membuat kulit lumpia lagi, karena sudah banyak yang menjual kulit lumpia siap pakai. Cukup siapkan isi lumpia dan kamu sudah bisa berkreasi membuat lumpia dengan aneka isian.

Makna Lumpia dalam Tradisi Tionghoa

Lumpia merupakan makanan khas tradisional Tionghoa. Lumpia yang dikenal oleh orang Indonesia merupakan lafal Bahasa Hokkian. Lumpia terkenal sebagai hidangan wajib di hari raya Imlek.

Lumpia atau dalam sebutan China, chun juan, memiliki makna harapan akan kemakmuran dan kekayaan, karena bentuk lumpia yang menyerupai emas batangan.

Dibuat dengan isian sayuran, daging bahkan makanan manis, lumpia kemudian dibungkus dengan kulit lumpia tipis dan digoreng hingga kuning keemasan. Inilah mengapa orang Tiongkok menyebut lumpia adalah makanan yang bisa mendatangkan kemakmuran dan kekayaan.

Artikel ini akan mengulas cara membuat lumpia jamur (lumpia isi jamur). Lumpia merupakan hidangan favorit banyak orang. Makanan satu ini merupakan jajanan khas Tionghoa yang populer di Indonesia.

Apa ciri khas dari lumpia Semarang?

Bagaimana cara membuat lumpia jamur (lumpia isi jamur)? Lumpia Semarang merupakan salah satu kuliner khas Semarang yang banyak digemari masyarakat.

Apa ciri khas lumpia Semarang sebagai salah satu oleh oleh khas Semarang?

Salah saru ciri khas lumpia Semarang adalah isinya terdiri atas rebung (bambu muda), telur, daging ayam, jamur, dan daging udang. Tekstur kulitnya yang renyah, plus kombinasi isinya membuat cita rasa lumpia ini makin nikmat.

Lumpia Jamur


Bahan Lumpia Jamur:

1. 250 gram Jamur tiram
2. 200 gram taoge
3. 100 gram bunga kol
4. 3 siung bawang merah
5. 2 siung bawang putih
6. 5 lembar kulit lumpia
7. Gula secukupnya
8. Garam secukupnya


Cara Membuat Lumpia Jamur:

1. Iris jamur tiram, bunga kol lalu sisihkan.
2. Iris halus bawang merah dan putih, lalu sisihkan.
3. Tumis bumbu hingga harum. Masukkan jamur, bunga kol dan taoge hingga layu.
4. Tambahkan garam dan gula. Tumis hingga matang. Angkat lalu dinginkan.
5. Siapkan kulit lumpia, isikan sayuran lalu lipat, rekatkan dengan air.
6. Ulangi hingga semua isi sayuran habis.
7. Panaskan minyak lalu goreng lumpia hingga berwarna coklat keemasan.
8. Lumpia Jamur pun siap disajikan.

Demikian artikel mengenai cara membuat Lumpia jamur (lumpia isi jamur), oleh oleh khas Semarang yang legendaris. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.***

Kontributor:

Terkait