Cobain Yuk! Ini 5 Rekomendasi Tempat Makan Lumpia Semarang yang Terkenal Legendaris

6 January 2024
Ilustrasi Lumpia Semarang. (Dok. Freepik.com)

SEMARANG - kanal9.id - Wisata di Kota Semarang tak lengkap rasanya apabila tidak membawa pulang oleh-oleh Lumpia. Pasalnya, kota yang berjuluk sebagai Kota Atlas itu salah satu makanan khasnya adalah Lumpia Semarang.

Tak hanya memiliki cita rasa gurih dan sedikit manis, Lumpia Semarang juga dikenal dengan ciri khas isiannya yaitu rebung atau tunas bambu muda. Bahkan dalam pengolahan isian rebung menjadi lumpia di sejumlah kedai di Semarang juga dikenal legendaris.

Ada alasan dibalik sejumlah penjual makanan peranakan China ini dikenal memiliki produksi lumpia Semarang yang legendaris. Pasalnya, ada beberapa di antara mereka sudah memulai bisnisnya turun-temurun sejak puluhan hingga ratusan tahun.

Lantas mana saja lima tempat makan lumpia Semarang yang terkenal legendaris? Simak daftar lengkapnya berikut ini.

5 Tempat Makan Lumpia Semarang Legendaris

1. Lunpia Cik Me Me

Salah satu tempat makan lumpia legendaris yang pertama yakni Lunpia Cik Me Me yang sudah berdiri sejak tahun 1870. Tempat makan ini awalnya dirintis oleh sepasang suami-istri Tjoa Tjay Joe dan Mbok Wasie.

Tak hanya terkenal legendaris dengan rasa yang nikmat, tempat makan yang sudah berdiri lebih dari 150 tahun ini memiliki variasi menu yang cukup beragam.

Menu di tempat makan legendaris ini di antaranya ada varian Lumpia Plain, Lumpia Original, Lumpia Kambing Jantan, Lumpia Rasa Jamur Nusantara, Lumpia Fish Kakap, Lumpia Crab, hingga Keripik Lumpia.

Bagi pembeli yang ingin menikmati menu di tempat makan yang menjadi pelopor lumpia halal di Semarang ini cukup merogoh kocek mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 29.000 untuk satu buah lumpia. Sementara untuk keripik lumpia dihargai mulai Rp 12.000 untuk ukuran 32 gram dan Rp 45.000 untuk ukuran 125 gram.

Pusat Lunpia Cik Me Me berada di Jalan Gajahmada Nomor 107, Miroto, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah dan buka buka setiap hari mulai pukul 05.00-22.00 WIB.

2. Lunpia Gang Lombok

Tempat makan lumpia yang terkenal legendaris di Semarang selanjutnya yakni Lunpia Gang Lombok. Kedai ini kerap disebut sebagai pelopor penjual lumpia di Kota Semarang.

Ada alasan penyebutan tempat makan lumpia Semarang tersebut sebagai pelopor lantaran Lunpia Gang Lombok ini diperkirakan sudah berdiri sejak seabad lalu. Tak hanya itu, Lunpia Gang Lombok juga terkenal memiliki lumpia dengan cita rasa yang enak.

Bahkan banyak pembeli yang mengatakan racikan isian lumpia di tempat makan ini tidak amis. Hal tersebut kemudian yang menjadikan banyak masyarakat sangat berminat untuk membeli lumpia produksi Lunpia Gang Lombok ini.

Untuk varian lumpia Semarang yang ada di kedai Lunpia Gang Lombok ini, ada lumpia basah atau lumpia goreng dengan rasa ayam atau udang. Satu buah lumpia milik Lunpia Gang Lombok dijual mulai Rp 20.000.

Lunpia Gang Lombok bisa ditemui di Gang Lombok Nomor 11, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

3. Loenpia Mbak Lien

Selanjutnya, Loenpia Mbak Lien juga masuk dalam jajaran tempat makan lumpia legendaris di Kota Semarang. Berdiri sudah sejak tahun 1930, Loenpia Mbak Lien ini diketahui telah dikelola oleh generasi kelima.

Di Loenpia Mbak Lien ada dua varian menu yakni lumpia basah dan lumpia goreng dengan varian isi di antaranya Original Special Isi Udang dan Ayam, Loenpia Seafood, dan Loenpia Western. Satu buah lumpia Semarang di Loenpia Mbak Lien dijual dengan kisaran harga Rp 19.000-an hingga Rp 26.000-an.

Bagi pembeli yang berminat untuk membeli lumpia dari Loenpia Mbak Lien bisa datang langsung ke Jalan Pemuda, Gang Grajen Nomor 1, Pandansari, Kecamatan Semarang Tengah, semarang. Loenpia Mbak Lien buka setiap hari mulai pukul 08.00-21.30 WIB dan menerima pesanan daring melalui ojek online.

4. Lunpia Mataram

Lunpia Mataram menjadi salah satu tempat makan lumpia yang terkenal legendaris juga di Kota Semarang. Kedai lumpia satu ini diketahui telah berdiri sejak tahun 1948.

Kendati masih sama menyuguhkan dua varian lumpia Semarang yakni lumpia basah dan lumpia goreng, Lunpia Mataram terkenal dengan penyajiannya yang cukup unik yakni dengan menggunakan besek. Bahkan diketahui lumpia produksi Lunpia Mataram juga bisa tahan 8-20 jam.

Untuk lumpia milik Lunpia Mataram ini pembeli cukup merogoh kocek sekitar Rp 15.000 untuk mencicipi satu buah lumpia.

Bagi pembeli yang berminat dapat datang langsung ke Lunpia Mataram di Jalan Pandanaran Nomor 29A, Randusari, Kecamatan Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah setiap hari mulai pukul 05.30-21.00 WIB.

5. Loempia Lanny

Kemudian Loempia Lanny juga masuk dalam daftar tempat makan lumpia legendaris di Kota Semarang. Tempat makan lumpia Semarang ini diketahui telah berdiri sejak tahun 1988 dan memiliki varian menu lumpia goreng dan lumpia frozen.

Untuk varian rasa lumpia di Loempia Lanny di antaranya ada Lumpia Ori Sedang, Lumpia Ori Besar, Lumpia Special, Lumpia Seafood, Lumpia Spicy, dan Lumpia Kepiting. Sementara untuk lumpia frozen hanya tersedia varian Lumpia Ori Sedang, Lumpia Kepiting, Lumpia Special, dan Lumpia Seafood.

Untuk membeli lumpia di Loempia Lanny hanya perlu merogoh kocek mulai Rp 10.000-Rp 18.000 per satu buah lumpia goreng. Sedangkan untuk lumpia frozen seharga Rp 45.000-Rp 55.000.

Bagi yang berminat membeli bisa datang langsung ke lokasi Loempia Lanny di Jalan Kampung Plampitan Nomor 81, Kembangsari, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah setiap hari mulai pukul 07.00-21.00 WIB.


Demikian informasi mengenai tempat makan lumpia Semarang yang terkenal legendaris. Tak hanya sudah hadir lebih dari ratusan tahun, tapi juga masih eksis hingga sekarang lantaran menyuguhkan cita rasa lumpia yang nikmat. Semoga bermanfaat.***

Kontributor:

Terkait