DC Shopee Tidak Hanya Menagih Kamu tapi Juga Menagih Keluarga dan Teman Kamu, Apakah Itu Benar?

5 April 2024
Aplikasi Shopee

Kanal9.id - DC Shopee tidak hanya diartikan sebagai tempat penyortiran paket pesanan konsumen saja, tapi juga diartikan sebagai Debt Collector. Debt Collector ini berhubungan dengan PayLater, dimana layanan ini banyak digunakan oleh pengguna Shopee.

Ketika mendengar tentang Debt Collector itu berarti suatu badan yang mempunyai tugas datang ke rumah pengguna untuk menagih pembayaran yang belum dibayarkan. Jadi, jika kamu adalah salah satu pengguna yang suka dan sering menggunakan PayLater, kamu harus hati-hati karena bisa berurusan dengan DC Shopee.

Namun tidak perlu terlalu khawatir, selagi kamu membayar tepat waktu maka tidak akan berurusan dengan DC Shopee. Tapi kamu perlu mengetahui wilayah mana saja yang akan didatangi oleh DC Shopee dan apakah benar DC Shopee tidak hanya menagihmu saja tapi juga bisa menagih ke keluarga atau temanmu juga, yuk simak bersama.

BACA JUGA: Bocoran Informasi Terkait Wilayah DC Shopee 2024!

Membayar Tagihan PayLater Tepat Waktu Supaya Terhindar Dari DC Shopee

Langkah paling utama supaya DC Shopee tidak menagih kamu, keluarga, atau teman, kamu harus membayar tagihan tepat waktu dan jangan sampai tidak membayar. Shopee PayLater akan mengirim sms ke nomor HP sebelum tanggal jatuh tempo untuk mengingatkan kamu supaya melakukan pembayaran cicilan pada tanggal tersebut, berikut caranya:

1. Silahkan lihat rincian tagihan saat tanggal tagihan yang dikirim melalui sms.

2. Pilih metode pembayaran yang telah disediakan, bisa melalui ShopeePay, Virtual Account, atau Indomaret.

3. Keterlambatan pembayaran tagihan akan dikenakan denda 5% dari total tagihan, tercatat di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK, pembekuan akun Shopee, pembatasan voucher Shopee, dan penagihan lapangan.

Wilayah yang Akan Didatangi DC Shopee

Melansir melalui YouTube SOBAT MEDIA ONLINE, wilayah yang akan didatangi oleh DC Shopee tidak dijelaskan atau disebutkan secara detail. Namun, melansir melalui pengguna yang pernah didatangi, rata-rata wilayahnya sebagian besar di Pulau Jawa.

Di dalam Pulau Jawa, bagian yang didatangi DC Shopee rata-rata adalah kota-kota besar. Namun kabar terbaru mengatakan sudah merata di Pulau Jawa, namun untuk pulau lainnya masih belum ada info lebih lanjut.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Pengalaman Didatangi DC Shopee, Ini Hal-Hal yang Akan Terjadi dan yang Akan Didapatkan

Benarkah DC Shopee Menagih ke Keluarga, Saudara, dan Teman?

Secara teori bisa karena POJK tidak melarang. Namun, Shopee PayLater akan melakukan penagihan dengan menghubungi keluarga, saudara, atau teman yang terkait dengan pengguna karena nomor teleponnya tercantum sebagai nomor darurat. Jadi, hanya yang nomornya tercantum di kontak darurat, kalau tidak ada maka tidak akan ditagih oleh DC Shopee.

Demikian, itu tadi penjelasan mengenai kebenaran DC Shopee akan datang menagih ke orang-orang terdekat kamu atau tidak. Jika kamu ingin orang-orang terdekatmu tidak terlibat, maka sebaiknya lakukanlah pembayaran secara tepat waktu sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang sudah ditentukan. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kamu.***

Kontributor:

Terkait