Destinasi Baru di Semarang, Patung Bung Karno di Polder Tawang Akan Lebih Tinggi dari Patung Cheng Ho

29 Januari 2021

SEMARANG - Tidak lama lagi, Kota Semarang akan memiliki ikon wisata baru, yakni patung Bung Karno di Polder Tawang di depan Stasiun Besar Tawang. Patung sang Proklamator itu akan berdiri setinggi 14 meter dan diklaim sebagai patung tertinggi di Indonesia.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu mengatakan proses pembangunan patung sudah dimulai 2019 lalu. Rencana awal, peresmian salah satu destinasi wisata alternatif itu akan dilakukan 2020.

"Tapi karena kondisi pandemi jadi belum terlaksana," kata Hevearita diberitakan Kantor Berita RMOLJanteng, Kamis (28/1) kemarin.

Meski terhenti pengerjaannya akibat pandemi Covid-19, anggaran untuk penyelesaian revitalisasi Polder Tawang tidak terkena refocusing.

"Oleh PT KAI pembangunan tetap dilanjutkan dan mulai minggu ini sudah dirakit patungnya, karena patung setinggi 14 meter ini kan dipotong-potong. DIharapkan perakitannya ini selesai dalam waktu tiga minggu,” jelasnya.

Setelah perakitan patung Bung Karno yang tingginya melebihi patung Cheng Ho ini selesai, akan dilakukan pembersihan di area polder tawang. Bahkan kedepan untuk menuju patung Bung Karno akan dibangunkan jembatan kaca seperti yang ada di museum Kota Lama.

Selama dilakukan revitalisasi polder tawang, terhitung 1 Februari, jalan raya di depan Stasiun Tawang rencananya akan mulai ditutup, karena area tersebut memang masih kawasan milik KAI.

"Jika kemarin dari rekayasa lalu lintas, untuk angkutan-angkutan berat bisa langsung ke kiri untuk langsung ke pelabuhan, dan untuk kendaraan kecil tetap melalui jalan Merak,” imbuhnya.

Ke depan, setelah revitalisasi polder tawang selesai, maka sekitar bulan Juni Polder Tawang akan diresmikan oleh PT KAI. (rmol/kan1)