Fitur 'Edit' Pesan WhatsApp Resmi Dirilis

25 May 2023

SEMARANG - kanal9.id - Fitur "edit" pesan resmi di rilis WhatsApp pada Selasa (23/5/2023). Di mana melalui fitur terbaru tersebut pengguna bisa mengubah atau mengedit pesan yang sudah terkirim.

Tidak hanya itu, fitur terbaru WhatsApp ini juga sangat berguna bagi pengguna yang sering melakukan salah ketik (typo). Mulai dari mengoreksi kesalahan ejaan hingga menambahkan konteks ke pesan.

"Kami sangat senang dapat memberi anda kontrol lebih atas chat anda," kata WhatsApp dikutip Antara, Rabu (23/5/2023).

Baca juga : Memahami Fitur Enkripsi End-to-End di WhatsApp, Apakah Beda dari yang Lain?

Fitur ini juga dapat dilakuka dalam waktu lima belas menit setelah pesan terkirim. Yaitu, cukup dengan menekan lama pada pesan yang sudah terkirim lalu pilih opsi 'Edit' dari menu.

Lewat opsi tadi, nantinya pesan yang berhasil diubah akan ditandai dengan tulisan "diedit". Sehingga orang-orang yang anda kirimi pesan dapat langsung mengetahui bahwa pesan tersebut telah dikoreksi.

Tetapi tanpa perlu orang yang mengirim pesan menunjukkan riwayat pengeditan. Sama halnya seperti panggilan, media, dan pesan pribadi, pesan yang telah diedit tersebut tetap dilindungi oleh teknologi enkripsi end-to-end.

"Fitur ini sudah diluncurkan kepada pengguna secara global dan nantinya akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu ke depan," ucapnya.

Baca juga : WhatsApp Hadirkan Tiga Fitur Canggih Pada Aplikasinya

Sebelumnya, fitur ini telah diujicobakan pada versi beta Android 2.23.10.13 pekan lalu. Namun saat ini akhirnya fitur "Edit" bagi pengguna WhatsApp hadir secara resmi dalam bentuk versi stabilnya.