Ganjar Minta Kabupaten/Kota Siapkan Tempat Karantina Warganya yang Nekat Mudik

5 Mei 2021

BREBES - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memastikan dua lokasi penyekatan di Kabupaten Brebes sudah siap menjelang pemberlakukan larangan mudik. Dua pos yang dipantau itu adalah Pos Exit Pejagan dan Kecipir.

Ganjar tiba di Exit Tol Pejagan sekitar pukul 14.55 WIB disambut Wakil Bupati Brebes Narjo, Kapolres Brebes, dan Dandim 0713/Brebes. Ganjar meminta seluruh kabupaten/kota di Jateng untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengantisipasi warganya yang nekat mudik.

Salah satunya pemerintah daerah harus menyiapkan rumah isolasi bagi warga yang nekat mudik. "Tidak mudah, tapi, kita punya pengalaman tahun lalu. Karenanya sosialisasi di daerah lebih penting kepada masyarakat untuk mematuhi aturan pemerintah agar tidak mudik."

Ganjar menekankan pemerintah daerah untuk menyiapkan rumah isolasi khusus bagi para pemudik yang nekat pulang ke kampung halamannya. Dia berharap mudik tahun ini bisa dipatuhi masyarakat.

"Saya tidak bosan untuk mengingatkan agar warga mematuhi aturan larangan mudik dari pemerintah. Ingat kejadian di (Kabupaten) Pati ya, di sana satu orang pemudik pulang, ada 38 orang yang tertular. Ini saya ingatkan terus, saya gak akan bosan," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya meminta kepada pemerintah setempat dan aparat TNI-Polri untuk menjaga jalur tikus yang biasa dilalui pemudik. Bahkan, pihaknya menyiapkan dukungan terkait tes antigen kepada warga yang nekat mudik.

"Saya minta kepada TNI-Polri dan didukung oleh pemda untuk menjaga jalur tikus, jalur jangkrik dan jalur cacing itu harus dijaga semuanya," pungkasnya. (kan1)

Terkait