Gempa 4.8 Mengguncang Morowali, Sejumlah Bangunan hancur!

31 May 2024

Kanal9.id - “Sesar Matano menjadi penyebab terjadinya gempa bumi berkekuatan magnitudo 4.8 yang berlokasi di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, pada dini hari Jumat (31/5). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Sulawesi Tengah telah mencatat adanya beberapa struktur bangunan yang rusak sebagai dampak dari gempa bumi ini.”

Lokasi pusat gempa terdeteksi pada koordinat 2,74° Lintang Selatan dan 122,15° Bujur Timur, yang berlokasi di perairan dengan jarak sekitar 27 kilometer di arah tenggara dari Morowali pada kedalaman mencapai 10 kilometer.

Gempa bumi ini dikategorikan sebagai gempa dengan kedalaman dangkal yang dipicu oleh aktivitas dari Sesar Matano pada bagian segmen Geresa. Berdasarkan analisis dari mekanisme sumbernya, gempa ini diindikasikan memiliki pola pergerakan yang bersifat geser.

baca juga Bayar UKT Menggunakan Hasil Bumi, Universitas Muhammadiyah Maumere Jadi Sorotan!

BMKG telah mencatat beberapa gempa susulan sampai dengan waktu 00.30 Waktu Indonesia Timur, walaupun dari hasil pemantauan yang dilakukan, tidak terlihat adanya kegiatan gempa susulan yang memiliki kepentingan signifikan.

BMKG mengimbau masyarakat Kabupaten Morowali agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Demikianlah artikel ini.

Kontributor: