Ingin Memakan Oleh - Oleh Khas Semarang Tapi Belum Ada Waktu Untuk Berkunjung Ke Semarang? Coba Resep Oleh-Oleh Khas Semarang yang Autentik dan Lezat Satu Ini!

8 June 2024
lumpia, salah satu oleh oleh khas semarang

kanal9.id - Semarang, sebuah kota di Jawa Tengah, terkenal dengan berbagai oleh-oleh khasnya yang lezat. Namun, bagaimana jika Anda ingin mencicipi kelezatan ini tetapi belum ada kesempatan untuk berkunjung ke Semarang? Jangan khawatir, karena Anda bisa mencoba membuat sendiri di rumah.

Ada banyak resep oleh-oleh khas Semarang yang bisa Anda coba. Salah satu yang paling populer adalah lumpia Semarang. Makanan ini terbuat dari kulit lumpia yang diisi dengan bambu rebung, telur, dan daging ayam atau udang, kemudian digoreng hingga kecoklatan.

Untuk membuat lumpia Semarang, Anda akan membutuhkan beberapa bahan seperti kulit lumpia, bambu rebung, telur, daging ayam atau udang, bawang putih, bawang merah, garam, gula, dan saus tiram. Anda juga akan membutuhkan minyak untuk menggoreng.

Pertama, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Kemudian, tambahkan bambu rebung, daging ayam atau udang, dan telur. Tambahkan garam, gula, dan saus tiram, lalu aduk rata.

Setelah itu, ambil selembar kulit lumpia dan letakkan isian di tengahnya. Lipat dan gulung kulit lumpia, lalu rekatkan dengan sedikit air. Ulangi proses ini sampai semua bahan habis.

Panaskan minyak dalam wajan, kemudian goreng lumpia hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Lumpia Semarang siap disajikan dengan saus sambal atau saus manis. Anda juga bisa menambahkan acar untuk menambah rasa segar.

Dengan resep ini, Anda bisa menikmati oleh-oleh khas Semarang kapan saja di rumah. Anda tidak perlu menunggu hingga ada waktu untuk berkunjung ke Semarang.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!(*)

Kontributor:

Terkait