Ini Dia Berkas Persyaratan Perpanjangan SIM Ditahun 2024, Bila Tidak Lengkap Akan Ditolak

4 January 2024
Surat Izin Mengemudi (SIM)

KANAL9.ID - Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi pengemudi sudah menjadi suatu keharusan.

Dengan perpanjangan SIM, maka surat ijin mengemudi yang dimilikinya akan tetap berlaku dan tidak kadaluarsa.

Mengapa perpanjangan SIM perlu selalu dilakukan?, Karena SIM merupakan salah satu syarat admisnistrasi yang wajib dimiliki oleh pengemudi.

Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan lisensi atas keabsahan bahwa pemiliknya benar-benar teruji dalam mengemudikan kendaraan yang dibawanya.

Baca juga: Kejadian Langka!, Staf Protokol Kemenko PMK Meninggal Dunia saat Ikut Kunjungan Presiden Jokowi Ke Desa Wisata Pagak Banjarnegara

Kepemilikan Surat Izin Mengemudi (SIM) juga didasarkan pada jenis kendaraan yang dikemudikan, sehingga ada beberapa jenis SIM.

Hal tersebut sesuai Pasal 77 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, berbunyi

"Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan"

Bagi kalian yang akan melakukan perpanjangan SIM, ada baiknya kalian cek terlebih dahulu persyaratan apasaja yang diperlukan.

Baca juga: Kalian Wajib Tahu!, Fakta Menarik Penerimaan CPNS Tahun 2024

Hal tersebut bertujuan agar anda tidak bolak-balik dalam melakukan perpanjangan SIM, dan membuang waktu hanya karena persyaratan yang belum lengkap.

Ditahun 2024 ini, perpanjangan SIM akan ditolak jika salah satu dokumen persyaratannya tidak dibawa atau tidak ada.

Ditambah lagi yang melakukan proses Perpanjangan SIM bukan hanya anda sendiri, banyak orang lain juga yang melakukan hal yang sama.

Jika proses Perpanjangan SIM sampai ditolak maka anda akan mengulang dari awal sambil membawa dokumen persyaratan yang wajib dibawa.

Baca juga: Yuk Sholat Jum'at di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Ini Dia Khotibnya!

Untuk menghindari hal tersebut, maka persiapkan lebih dini sebelum berangkat untuk Perpanjangan SIM.

Ditahuan 2024 syarat untuk Perpanjangan SIM masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, wajib dibawa KTP dan SIM asli yang masih berlaku.

Selain itu juga membawa salinan/foto copy KTP dan SIM ketika melakukan pemohon mendaftar Perpanjangan SIM.

Perlu diingat!, petugas pendaftaran Perpanjangan SIM hanya menerima berkas pendaftaran yang sudah komplit, jadi bila berkas anda belum komplit anda harus mundur melengkapinya terlebih dalu.(*) (K11)

Kontributor: