Ini Kelebihan dan Kekurangan Dompet Digital DANA, LinkAja, ShopeePay, OVO, dan Gopay

2 March 2024
Dompet Digital DANA

kanal9.id - Lambat namun pasti, mahluk yang bernama manusia, kita ini, iya, aku, Anda, kamu, kalian, kita semua akan tidak butuh benda yang bernama dompet. Karena dompet hanya akan menjadi benda purba karena akan tergantikan dengan sendirinya dengan Dompet Digital DANA, LinkAja, ShopeePay, OVO, Gopay dan yang lain-lain lagi.

Manusia modern hanya cukup memiliki smartphone atau HP yang di dalamnya ada akun Dana untuk Dompet Digital DANA, akun LinkAja, akun ShopeePay, akun OVO, akun Gopay, dan akun akun dompet digital yanga lain.

Itu artinya dompet Digital DANA, LinkAja, ShopeePay, OVO, Gopay dan yang lain-lain itu benar-benar menggantikan dompet purba yang melegenda atau legendaris yang selama ini kita bangga-banggakan jika di dalamnya ada kartu berwarna hitam, kartu berwarna emas, dan kartu-kartu sakti lainnya, di antara selipan beberapa lembar uang rupiah berwarna merah.

BACA JUGA: Lambat tapi Pasti Dompet Digital DANA, LinkAja, ShopeePay, OVO, dan Gopay Akan Gantikan Dompet di Sakumu

Namun yang namanya di dunia pasti ada kelebihan dan kekurangan. Kita simak dengan teliti apa saja kelebihan dan kekurangan aplikasi Dompet Digital DANA, LinkAja, ShopeePay, OVO, dan Gopay dan lain sebagainya itu.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Dompet Digital

A. Kelebihan Menggunakan Dompet Digital

1. Transaksi Lebih Cepat Jika dibandingkan dengan melakukan pembayaran konvensional yakni transaksi tunai, penggunaan dompet digital akan relatif lebih cepat.

a. Ini menghilangkan kebutuhan untuk membawa dompet fisik ketika Anda pergi.
b. Dengan menggunakan dompet elektronik, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengeluarkan uang tunai atau kartu debit ketika mereka ingin melakukan transaksi.
c. Selama smartphone ada di genggaman, Anda dapat memperoleh akses yang cepat, mudah, aman untuk melakukan transaksi.


2. Terhindar dari penyebaran uang palsu

a. Pada praktiknya, penggunaan dompet digital menawakan berbagai keamaan kepada para penggunannya. Selain menghindarkan pengguna dari tindak kriminal seperti pencopetan, penggunaan dompet digital dapat menghindarkan Anda dari transaksi penyebaran uang palsu.
b. Hal ini dikarenakan teknologi uang digital yang tersimpan di dalam e-wallet sendiri masih sulit untuk ditembus dalam hal keamanannya.

3. Menghindari Kontak Fisik

a. Penggunaan dompet digital dalam transaksi akan membantu menekan penyebaran virus.
b. Penggunaan dompet digital dapat memangkas kontak fisik dengan orang lain.

B. Kekurangan Menggunakan Dompet Digital

Meskipun memiliki banyak kelebihan, dompet digital juga memilki beberapa kekurangan yang membuat Anda tetap berpikir untuk membawa dompet fisik. Sebab, bukan berarti dompet digital tidak memiliki kekurangan.

Berikut adalah beberapa kekurangan dari metode pembayaran dompet digital.

1. Ekosistem belum matang di rural

a. Tidak semua pedagang memiliki QRIS atau alat yang dapat menerima pembayaran digital.
b. Dengan kondisi itu, maka dompet digital tidak berguna.
c. Hal ini mungkin tidak jadi isu jika di kota-kota besar, tetapi ketika kamu berada di pedalaman disarankan tetap membawa dompet fisik.

2. Adanya biaya admin untuk beberapa transaksi.

a. Masalah lainnya adalah pengguna dibebankan dengan biaya admin yang membuat pengguna harus membayar sedikit mahal jika bertransaksi menggunakan dompet digital.

3. Hidup jadi lebih konsumtif

a. Beberapa orang percaya dengan memiliki dompet digital kita hidup lebih konsumtif dan terpicu untuk membeli sesuatu yang belum tentu berguna.
b. Tak jarang penawaran sesuatu yang sebenarnya tidak kita butuhkan, karena kemudahan pembayaran, tinggal klik, maka saldo di dompet digital langsung berkurang.

4. Mudah memberi utangan dan sedekah

a. Bagi orang yang tidak tegaan, ketika ada teman yang meminjam utang, maka mau tak mau jari tangan kita langsung klik untuk mentransfer uang kepada teman yang membutuhkan. Dengan alasan kasihan.
b. Ada baiknya, dengan klik di jari tangan, jika saldo dompet digital kita berkurang dengan tujuan bersedekah kepada orang yang benar-benar membutuhkan.

Demikian artikel mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan dompet digital DANA, LinkAja, ShopeePay, OVO, dan Gopay dan yang lain-lain. Semoga bermanfaat.***

Kontributor:

Terkait