Ini Syarat Dorna Agar MotoGP Mandalika Jadi Digelar 2021

21 November 2020

JAKARTA - Dorna telah merilis kalender balapan MotoGP untuk musim 2021 mendatang, ada 20 seri yang terpilih untuk menggelar balapan motor kelas wahid tersebut, ditambah tiga seri tcadangan. Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang digadang-gadang masuk ke kalender, nyatanya masuk ke daftar cadangan tersebut atau reserve venue dan diberi catatan ‘subject to homologation’ alias masih perlu dihomologasi oleh FIM.

Permasalahan yang timbul adalah, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengklaim bahwa reserve venue ini adalah perlakuan khusus yang diberikan kepada Indonesia untuk menentukan waktu pelaksanaan MotoGP Mandalika sendiri.

"Reserve date memang tidak umum, hanya negara tertentu yang bisa mendapat perlakukan khusus ini. Situasi dunia akibat pandemic Covid-19 masih belum bisa diprediksi 6 bulan ke depan. Dengan adanya reserve date, Indonesia akan memiliki waktu yang fleksibel untuk melihat apakah tanggal tersebut nantinya akan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada,” jelas rilis yang disampaikan oleh MGPA.

Muncul pertanyaan, apakah MotoGP Mandalika memang mendapat keistimewaan atau memang berstatus cadangan?

Dorna sendiri menyatakan bahwa ada dua syarat yang cukup jelas untuk MotoGP Mandalika dapat masuk ke kalender MotoGP 2021, yaitu apabila sirkuitnya sudah selesai dan ada tanggal yang kosong jika balapan lainnya dibatalkan.

“Situasi sebenarnya adalah Indonesia baru bisa masuk kalender pada 2021 jika sudah selesai membangun sirkuit dan jika ada tanggal yang tersedia seandainya GP lain dibatalkan,”

Sehingga, ada dua syarat yang harus terpenuhi dan ditegaskan bahwa ada dua ‘jika’ supaya MotoGP Mandalika benar-benar masuk ke kalender MotoGP 2021 nantinya.

Selain Mandalika, ada Algarve di Portugal dan Igora Drive di Rusia yang masuk ke daftar tersebut. Ini disebabkan karena status MotoGP Ceko di Brno masih dalam status to be decided, sehingga apabila Brno tidak bisa menggelar balapan, maka satu dari tiga sirkuit itu yang akan dipilih. (Riz/Kan3)

Terkait