Inilah Bahayanya DC Shopee Gadungan! Perhatikan Ciri-cirinya!

15 May 2024
Ilustrasi Shopee

Kanal9.id - DC Shopee palsu apakah ada? Hati-hati dengan modus penagihan hutang oleh DC Shopee, kenali ciri-ciri debt collector Shopee yang asli di sini.

Shopee PayLater merupakan salah satu alternatif simpel untuk orang-orang yang ingin membayar belakangan agar mendapatkan potongan harga lebih besar. Akan tetapi, kita harus tetap waspada terhadap kedatangan DC Shopee terutama DC lapangan palsu.

DC Shopee tidak akan mendatangi kamu tanpa persetujuan terlebih dahulu, serta mereka terikat aturan oleh OJK. Tidak ada salahnya untuk mengenali ciri khas DC palsu agar jangan sampai tertipu.

Baca Juga:

Maka dari itu, kenali ciri-ciri DC Shopee yang asli agar terhindar dari tipuan DC gadungan. Cek selengkapnya di bawah ini.

Ciri-Ciri DC Shopee Asli

1. Identitas yang Ditunjukkan Resmi

DC Shopee yang asli seharusnya tidak keberatan menunjukkan identitas resminya sebagai debt collector. Kalau DC Shopee menolak menunjukkan identitas, sebaiknya kamu tolak halus kedatangannya.

2. Boleh Dokumentasi Kegiatan Negosiasi

Kamu berhak untuk mendokumentasikan proses penagihan oleh DC Shopee asalkan tidak menimbulkan keributan antar dua pihak. Namun kalau kamu curiga terhadap kedatangan DC gadungan, dokumentasikan setiap proses negosiasi yang berlangsung.

3. Cross-check Tagihan

Dengan kroscek tagihan yang kamu miliki DC Shopee palsu dapat kamu hindari jika mereka meminta pembayaran di luar platform aplikasi. DC Shopee asli akan memberikan jumlah tagihan yang sesuai aplikasi dan mengarahkan untuk pembayaran langsung melalui aplikasi.

5. Laporkan Ke Pihak Berwenang

Jika kamu menemukan kejanggalan pada DC Shopee yang datang, segerakan lapor kepada pihak berwajib, contohnya pihak OJK. Kamu bisa memberikan pengaduan berdasarkan dokumentasi yang telah kamu ambil sebelumnya.

Demikian informasi tentang ciri-ciri DC Shopee asli yangbdapat observasi ketika berbicara dengan DC secara langsung maupun dengan telepon. Tetap waspada karena modus penipuan semakin berkembang di era digital(*)

Kontributor:

Terkait