Jalur Alternatif Banjarnegara Karangkobar untuk Mobil Kecil, Waspadai Longsor Karangkobar Banjarnegara

5 February 2024
Dibantu alat berat, petugas membersihkan bongkahan batu dan tanah akibat longsor di Karangkobar Banjarnegara

kanal9.id - Masyarakat diminta waspadai longsor Karangkobar Banjarnegara. Sebab, longsor tebing tanah kembali terjadi di wilayah Tanggapan, Kecamatan Karangkobar pada Senin pagi 5 Februari 2024.

Longsor ini memutus akses jalan provinsi dari Kota Banjarnegara ke Kecamatan Karangkobar. Tebing tanah 7-10 meter menimpa badan jalan sekitar panjang 10 meter.

Hal ini teramati dari kiriman video warga yang beredar di grup whatsapp sejak pagi. Sebuah pesan suara yang menyertai memberitakan adanya longsor ini.

Baca Juga: Soal Matematika Terbaru 2024, Contoh Soal Sumatif Kelas 7 SMP MTs: Aritmatika Sosial Beserta Pembahasan

“Assalamu'alaikum warohmatulohi wabarokatu, menghimbau kepada pengguna jalan. Ada longsoran di Tanggapan, desa Slatri, khususnya. Jadi akses dari Karangkobar ke Banjarnegara tertutup total. (Jalan alternatif) harus melewati desa Karanggondang, Pagerpelah, Slatri baru (kemudian) masuk jalan raya kembali, demikian juga arah sebaliknya. Terimakasih terimakasih,” informasi pesan suara yang dibagikan berulang kali.

BPBD membenarkan informasi longsoran ini namun belum bisa memberikan rincian karena masih sibuk penanganan.

“Sementara lagi penanganan dulu, njih pak,” ujar pihak BPBD menolak berkomentar.

Saat ditanyakan pada masyarakat sekitar Slatri sekitar belokan ke jalan alternatif pada pukul 08.30 WIB masih ditutup belum bisa dilalui.

Baca Juga: Nabila, Lulusan FEB Undip Berprestasi dan Pengusaha Muda Merintis Usaha Kedai Kopi

“Nanti jam 11.00 WIB baru bisa lewat,” ujar salah satu sopir Mikrobus jalur Banjarnegara -Karangkobar yang memarkirkan busnya.

Penumpang angkutan umum yang hendak ke Banjarnegara bisa menggunakan ojek atau truk terbuka kecil untuk ke Slatri lalu melanjutkan menggunakan Mikrobus ke Banjarnegara.

Penanganan oleh BPBD dengan menggunakan ekskavator kecil sudah dilakukan semenjak pagi sekitar jam 07.00 WIB. Namun oleh karena banyaknya material longsor perlu waktu untuk membuka akses jalan dan pembersihan.

Baca Juga: Jurbir Hanura, Siti Rahmayanti: Pulang dari Jakarta ke Surabaya Bus Kecelakaan di Tol Ngawi, 3 Tewas

Demikian artikel mengenai dibukanya jalur alternatif untuk mobil kecil dari Banjarnegara - Karangkobar PP. Masyarakat juga tetap diminta waspadai longsor Karangkobar - Banjarnegara. ***

Kontributor: