Jangan Bingung! Oleh-Oleh Khas Semarang Ini Cocok Untuk Teman Buka Puasa

2 March 2024
Tahu Bakso Oleh-Oleh Khas Semarang

Kanal9.id - Tidak terasa Ramadhan akan datang sebentar lagi. Ketika waktu buka puasa tiba, tentu saja kita ingin berbuka dengan makanan yang enak. Jangan khawatir, Semarang punya oleh-oleh khas yang bisa menjadi pilihan menu buka puasa.

Jika sedang berlibur di Semarang, ada oleh-oleh khas Semarang yang bisa kamu beli untuk hidangan buka puasa. Setelah seharian berkeliling Semarang sambil menahan lapar dan haus, kita pasti ingin berbuka dengan yang manis, gurih, dan lezat.

Ini juga bisa menjadi solusi sederhana dan praktis. Mengigat kamu seharian berkeliling Semarang dan mungkin tidak ada waktu untuk masak dan menyiapakn sendiri hidangan buka puasa, oleh-oleh khas Semarang ini solusinya.

Oleh-oleh khas Semarang bisa menjadi pilihan untuk menu buka puasa. Apa saja itu, yuk simak rekomendasi berikut ini.

Baca juga: Buah Tangan Bukan Hanya Makanan, Inilah Ragam Pilihan Oleh - Oleh Khas Semarang Paling Ekonomis

Oleh-Oleh Khas Semarang Sebagai Menu Buka Puasa

Berikut rekomendasi menu buka puasa khas Semarang:

1. Bandeng Presto

Sudah tidak asing lagi dengan makanan ini ketika sedang membicarakan Semarang. Oleh-oleh khas Semarang ini menjadi pilihan pertama untuk berbuka puasa. Makanan ini juga banyak diburu oleh wisatawan.

Bandeng presto merupakan ikan bandeng gurih yang memiliki daging empuk dan duri yang lunak. Makanan ini sangat cocok di makan bersama dengan nasi dan bisa menjadi menu utama buka puasa.

2. Tahu Bakso

Tahu bakso bisa menjadi andalan nemu buka puasa selanjutnya. Rasanya asin dan gurih, serta teksturnya empuk.

Setelah berbuka puasa dengan minuman yang segar, ini saatnya kamu menyantap tahu bakso, jangan lupa dipadukan dengan cabe rawit atau sambal cocol.

Baca juga: Anti Gagal! Resep Wingko Babat Oleh-oleh Khas Semarang Ala Rumahan

3. Moaci Gemini

Sudah puas dengan makanan asin dan pedas, selanjutnya pasti ingin makanan yang manis. Moaci Gemini bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Moaci Gemini berisi kacang cincang dan gula, serta ada taburan wijen di atasnya. Rasa manis, kenyal, dan lembut menjadi ciri khas dari makanan ini. Moaci Gemini juga cocok sebagai takjil.

4. Roti Ganjel Rel

Makanan manis selanjutnya ada roti ganjel rel. Tidak hanya manis roti ini juga gurih.

Roti ganjel rel merupakan roti yang teksturnya mirip dengan brownies, cocok untuk kamu yang sangat suka roti. Selain itu roti ini juga ditaburi wijen dan memiliki aroma yang lezat.

Baca juga: Cara Membuat Lumpia Bihun, Oleh Oleh Khas Semarang yang Melegenda hingga Saat Ini

Jangan bingung jika belum mempunyai ide menu buka puasa. Itu tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang bisa menjadi pilihan menu buka puasa.(*)

Kontributor:

Terkait