Jangan Panik! Inilah Cara Kembalikan Saldo DANA yang Tiba-tiba Berkurang atau Hilang

18 September 2023
Foto: iStockphoto (cr: ojogabonitoo)

Kanal9.id - DANA merupakan salah satu platform pembayaran digital yang sangat populer di Indonesia. DANA menawarkan kemudahan transaksi secara digital.

DANA memudahkan penggunanya untuk melakukan transaksi menggunakan berbagai metode pembayaran, termasuk saldo DANA, transfer bank, kartu kredit/debit, dan bahkan melalui gerai ritel atau agen resmi DANA.

Proses pembayaran atau transfer dana menggunakan aplikasi DANA dilakukan dengan cepat dan mudah. Cukup dengan beberapa kali sentuhan pada layar ponsel atau menggunakan kode QR saja.

Baca juga: 3 Aplikasi Berikut Penghasil Uang dan Saldo DANA Gratis Hingga Ratusan Ribu

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan DANA untuk membayar berbagai jenis tagihan, seperti tagihan listrik, air, telepon, dan lain sebagainya, tanpa harus pergi ke lokasi pembayaran secara langsung.

Dibalik segala kemudahan yang ditawarkan oleh DANA, kamu sebagai pengguna juga harus tetap berhati-hati untuk menjaga saldo DANA kamu. Pasalnya, ada beberapa kasus yang mengalami transaksi tidak sah, saldo berkurang, bahkan sampai hilang.

Apabila salah satu hal diatas terjadi pada kamu, jangan panik dan coba cek riwayat transaksi kamu terlebih dahulu sebelum melapor kepada pihak layanan DANA.

Beberapa kasus seperti saldo DANA tiba-tiba berkurang atau hilang memang kerap terjadi. Pihak DANA juga siap untuk mengembalikan saldo pengguna yang berkurang atau hilang 100% apabila memenuhi beberapa syarat dan ketentuan.

Pagi pengguna DANA yang mengalami saldo berkurang atau hilang bisa melapor ke pihak DANA melalui layanan DIANA Chat yang telah tersedia di aplikasi DANA serta di media sosial resmi.

Langkah selanjutnya, pengguna yang melapor akan diminta untuk menuliskan kronologi secara rinci atas hilangnya saldo DANAnya. Pengguna juga diharuskan untuk menyertakan nomor ponsel yang masih aktif.

Pihak DANA kemudian akan melakukan investigasi terkait kasus tersebut. Apabila nanti penyebab dari hilangnya saldo DANA pengguna adalah akibat dari masalah keamanan aplikasi DANA, maka pihak DANA akan mengembalikan 100% saldo DANA yang hilang.

Namun, apabila penyebab dari hilangnya saldo bukan dari pihak DANA, maka pengguna tidak akan mendapatkan dana dari pihak DANA. Sistem dari DANA bisa melacak kevalidan dari laporan pengguna. Maka dari itu, apabila pengguna berbohong, maka sistem bisa mendeteksi.

Baca juga: Saatnya Beralih Ke DANA Kaget, Fitur Terbaru Penghasil Saldo Gratis

Demikianlah cara yang bisa kamu lakukan apabila kamu kehilangan saldo DANA. Penting untuk bertindak dengan cepat ketika kamu menyadari bahwa saldo DANA kamu hilang atau terjadi transaksi yang tidak sah. Semakin cepat kamu mengambil tindakan, maka semakin besar kemungkinan masalah tersebut dapat diselesaikan dengan cepat dan efektif.*KM-01