KPU Jateng Umumkan Hasil Pemilu 2024, PDIP Masih Menangkan Jawa Tengah

30 May 2024

SEMARANG - Selasa (28/5) sore, KPU Jawa Tengah baru saja menyelesaikan rapat penetapan hasil penghitungan suara Pemilu 2024.

Hasilnya, PDI Perjuangan memenangkan pemilu di Jateng tahun 2024 dengan memperoleh 33 kursi di DPRD provinsi.

Menurut Handi Tri Ujiono, ketua KPU Jateng, mereka telah menetapkan perolehan kursi partai politik (parpol) dan calon terpilih anggota DPRD provinsi.

Ini dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) pada 21 Mei 2024 menolak gugatan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Handi mengatakan bahwa mereka harus segera menetapkan hasil penghitungan suara perolehan kursi dan menetapkan calon terpilih untuk Pemilu 2024 berdasarkan surat dari KPU RI.

Ditetapkan alokasi 120 kursi di DPRD Jawa Tengah, bersama dengan calon terpilih.

Handi menyatakan bahwa mekanisme penetapan calon terpilih ini berdasarkan ketentuan yang tercantum dalam Pasal 41 Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2024. Mekanisme ini menetapkan kursi untuk calon terpilih berdasarkan suara terbanyak berdasarkan perolehan suara partainya di tiap dapil dan peringkatnya di partai itu.

Lebih lanjut, Handi menjelaskan bahwa aturan terkait penggantian calon terpilih juga ada karena alasan tertentu.

seperti meninggal dunia, mengundurkan diri, dan terkait dengan sesuatu yang tidak memenuhi syarat, seperti putusan pidana pemilu atau putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap.

Sampai saat ini, enam kandidat terpilih dari PDIP telah mengundurkan diri. Dia menyimpulkan, "Kami akan memberikan klarifikasi kepada pengurus partainya dan melakukan perubahan jika benar."

Kontributor: