KPU Luncurkan Aplikasi Sipol, Parpol Sudah Bisa Input Data

25 Juni 2022
foto: dianR/ed diR

JAKARTA - Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sudah bisa melakukan penginputan data. Itu, menyusul setelah diluncurkannya Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (24/6/2022).

Dikutip dari www.kpu.go.id, setelah dibuka aplikasi itu, parpol melalui akun masing-masing dapat melakukan penginputan profil, keanggotaan, kepengurusan hingga kantor parpol. Dengan begitu, parpol memiliki waktu sekitar sebulan untuk menyelesaikan penginputan data.

“Kami menyampaikan kepada publik bahwa pada hari ini 24 Juni 2022 sampai dengan berakhirnya masa pendaftaran (14 Agustus 2022) kami mulai membuka akses Sipol. Dengan begitu, setidaknya partai politik memiliki waktu satu bulan lebih untuk menyelesaikan proses penginputan data,"katanya.

Menurut Idham, pengumuman pendaftaran dilaksanakan 29 Juli 2022. Sedangkan untuk dimulainya pendaftaran akan dilakukan pada 1 Agustus-14 Agustus 2022.

“Amanat UU 7 Tahun 2017 yang memerintahkan KPU memulai pendaftaran partai politik calon peserta pemilu 18 bulan sebelum hari pemungutan suara dan menetapkan partai politik peserta pemilu 14 bulan sebelum hari pemungutan suara,” tambah Idham.

Idham menegaskan, Sipol merupakan kewenangan atributif KPU. Dimana pada UU Nomor 7/2017 KPU diberi kewenangan untuk mengatur pelaksanaan pendaftaran dan verifikasi partai politik.

“Kami menetapkan Sipol sebagai alat bantu dalam proses pendaftaran dan verifikasi parpol. Dan pada hari ini kami luncurkan,”lanjut Idham.

Idham menambahkan, tujuan dari penggunaan Sipol memudahkan partai politik calon peserta pemilu saat menginput data. Untuk mempersiapkan diri maju sebagai calon peserta pemilu.

“Sipol juga untuk melancarkan tugas KPU Provinsi/KIP Aceh, KPU/KIP Kab/Kota dalam rangka memverifikasi kelengkapan parpol dan pemeliharaan data parpol,” tambah Idham. (humas kpu ri dianR/K5)

Terkait