KRL Tidak Akan Berhenti di Stasiun Tanah Abang Pukul 15.00-17.00 Mulai Hari Ini

3 Mei 2021
Foto: inews.id

JAKARTA - Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat akan mengalami penyesuaian jadwal jam operasiopnalisasinya mulai, Senin (3/5) hari ini. Kebijakan ini merupakan hasil koordinasi Pemprov DKI Jakarta dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

Koordinasi dilakukan akibat melonjaknya pengunjung Pasar Tanah Abang menjelang perayaan Idul Fitri 1442 Hijriyah. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di kawasan Tanah Abang.

"Kami sudah berkoordinasi dengan KCI terkait operasional KRL untuk kendalikan Covid-19 di kawasan Tanah Abang," kata Anies di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5).

Ia menyampaikan PT KCI akan melakukan penyesuaian jam operasional KRL di Stasiun Tanah Abang per Senin (3/5). Ia menuturkan, KRL tidak akan berhenti di Stasiun Tanah Abang untuk mengangkut penumpang pada pukul 15.00 hingga 17.00 WIB.

Penyesuaian jam operasional dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya jumlah penumpang KRL saat jam tutup Pasar Tanah Abang.

"Maka besok sore akan ada perubahan jadwal KCI yang melintas Stasiun Tanah Abang. Pukul 3 sampai 7 KCI tidak akan berhenti di Tanah Abang sehingga tidak angkut penumpang di sana," kata dia.

Sebagai alternatif, menurut Anies, Pemprov DKI Jakarta bakal menyediakan bus TransJakarta yang akan mengangkut penumpang untuk dialihkan ke stasiun lain.

Selain itu, pihak Pemprov DKI juga telah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya guna merekaya akses lalu lintas apabila pasar telah penuh oleh pengunjung.

"Dirlantas sudah rekayasa lalin, jadi cegah kerumunan. Apabila pasar penuh jalan ditutup," tandasnya.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyambangi Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5).

Ketiganya menggelar inspeksi Pasar Tanah Abang setelah beredarnya video viral membeludaknya pengunjung pasar jelang perayaan Hari Raya Idulfitri. (kan1)