Kuliner dan Oleh Oleh Khas Semarang Ini Cocok Untuk Menu Buka Puasa, Yuk Cobain!

30 March 2024
Lumpia Oleh Oleh Khas Semarang

Kanal9.id - Saat ini kita sedang berada di bulan Ramadan, di mana umat muslim pasti menantikan waktu berbuka puasa. Sebelum waktu buka puasa tiba, mereka pasti sedang mencari ide makanan apa yang akan dimakan nanti. Jangan bingung karena kamu bisa membeli kuliner dan juga oleh oleh khas Semarang sebagai menu buka puasamu nanti.

Ibu kota provinsi Jawa Tengah ini memang memiliki kuliner yang banyak dan terkenal, begitu juga dengan oleh oleh khas Semarang yang tidak kalah enaknya. Kuliner dan oleh-oleh khas Semarang memiliki bermacam varian, mulai dari cita rasa manis, asin, dan pedas.

Artikel ini akan memberi rekomendasi menu kuliner dan oleh oleh khas Semarang yang cocok sebagai menu buka puasa kamu. Mari simak penjelasannya dibawah ini dan jangan lupa jika kamu sedang berlibur di Semarang, bawalah pulang kuliner dan oleh oleh tersebut.

BACA JUGA: Oleh Oleh Khas Semarang Ini Wajib Dibeli Wisatawan, Inilah Rekomendasi 8 Makanan Kering, Paling Banyak Diminati, Awet, Tahan Lama

Berburu Kuliner dan Oleh Oleh Khas Semarang Untuk Menu Buka Puasa

1. Es Puter
Es puter merupakan kuliner Semarang berupa minuman segar yang memiliki isian yang beragam, mulai dari bubur mutiara, agar-agar, dan roti tawar yang dipotong kecil-kecil. Menu pertama ini sangat wajib dibeli, karena siapa yang tidak tahan dengan kesegaran dari es puter. Biasanya juga, umat muslim berbuka puasa dengan minuman yang dingin, segar, dan manis jadi es puter merupakan pilihan yang pas untuk berbuka puasa.

2. Lumpia
Jika mendengar kata Semarang, pasti Lumpia yang pertama kali terpikirkan. Lumpia merupakan jajanan dengan isian yang berbahan dasar rebung, dan oleh oleh khas Semarang ini cocok dibeli sebagai takjil buka puasa karena cita rasanya yang renyah dan gurih. Kamu bisa dengan mudah menemukan jajanan ini, karena kamu bisa menjumpai penjual lumpia mulai dari di toko-toko besar hingga di pinggir jalan.

3. Roti Ganjel Rel
Menu ketiga ada roti ganjel rel, roti yang khas dengan taburan wijen ini terbuat dari tepung tapioka, gula, santan, air nira, dan kayu manis sebagai penambah aroma sedap. Jadi tak heran jika makanan ini memiliki rasa yang lezat.

Roti ganjel rel juga biasanya menjadi sajian wajib di acara pawai sebelum bulan puasa atau yang biasa disebut dugderan. Jika kamu belum sempat mencobanya saat dugderan, sekarang kamu bisa mencobanya saat berbuka puasa.

BACA JUGA: Rekomendasi 11 Oleh Oleh Khas Semarang Awet Tahan Lama, Nomor 4 Mirip Makanan Dari Timur Tengah

4. Tahu Gimbal
Tahu gimbal juga menjadi salah satu kuliner Semarang yang cocok dibeli untuk menu buka puasa. Makanan ini disebut hampir mirip dengan ketoprak, hanya saja ada tambahan petis dan gimbal didalamnya. Makanan tahu gimbal berisi isian berupa tahu gimbal yang terdiri dari tahu goreng, lontong, telur ceplok atau telur dadar, taoge, kol mentah, dan di siram dengan bumbu kacang dan campuran petis, bukankah itu terdengar sangat lezat.

5. Babat Gongso
Rekomendasi menu terakhir ada babat gongso. Makanan ini merupakan salah satu kuliner khas Semarang yang paling banyak dicari oleh orang-orang.

Babat gongso sangat cocok untuk kamu pecinta olahan berupa jeroan. Makanan ini terbuat dari olahan daging jeroan yang ditumis dengan bumbu kecap, yang menjadikan rasanya enak dan aromanya yang sedap.

Demikian, itu tadi rekomendasi kuliner dan oleh oleh khas Semarang yang cocok sekali sebagai menu buka puasa kamu. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kamu.***

Kontributor:

Terkait