Launching Si Pentol Terintegrasi

1 July 2024

Dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat, Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah melalui Balatkop UKM Provinsi Jawa Tengah meluncurkan aplikasi Si Pentol Terintegrasi (Sistem Informasi Pendaftaran Online) yang telah dilakukan pengembangan dan integrasi. Si Pentol merupakan aplikasi pendaftaran online bagi masyarakat Koperasi dan UKM di Jawa Tengah yang dapat diakses melalui website dan dapat diunduh pada Play Store.

Peluncuran aplikasi Si Pentol Terintegrasi oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, Eddy S. Bramiyanto SE. MM., pada Senin, 1 Juli 2024 di Aula Teratai Balatkop UKM Provinsi Jawa Tengah. Launching dihadiri oleh seluruh Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Dinas Koperasi UKM serta Admin Si Pentol pada bidang – bidang dan balai. Hadir pula tamu undangan dan stakeholder yaitu Inspektur Provinsi Jawa Tengah, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, akademisi, komunitas, penggerak koperasi dan UMKM serta para peserta pelatihan. Peluncuran ini sekaligus membuka kegiatan 3 angkatan pelatihan koperasi yang diselenggarakan pada tanggal 1-5 Juli 2024 di Balatkop UKM Provinsi Jawa Tengah.

Eddy S. Bramiyanto menyatakan bahwa peluncuran aplikasi Si Pentol didasari karena tuntutan unit pelayanan publik yang harus baik, bermutu dan memberikan kepuasan kepada masyarakat atau pengguna layanan. Selain itu, seiring dengan tuntutan Reformasi Birokrasi melalui Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM, khususnya pada area Penataan Tata Laksana yang mengedepankan SPBE terintegrasi dan mampu mendorong pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien. Menjawab kebutuhan tersebut, maka diperlukan integrasi antar aplikasi yang ada pada Balatkop UKM menjadi terpadu sehingga memberi kemudahan akses aplikasi yang lebih cepat.

Beberapa aplikasi yang terintegrasi dengan Si Pentol yaitu e-surya (survey aksesibilitas aplikasi), e-learning (aplikasi pelatihan online) dan e-dukasi (aplikasi katalog produk alumni).

Aplikasi Si Pentol dikembangkan dengan penambahan fitur SKM untuk melihat indeks kepuasan masyarakat. Dengan SKM (Survey Kepuasan Masyarakat) yang terintegrasi pada aplikasi Si Pentol, memberikan inovasi penataan tata laksana SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) untuk peningkatan kualitas pelayanan publik. Sehingga layanan bagi masyarakat lebih mudah, lebih cepat, efektif dan efisien, lebih aman, lebih tertata dan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Kontributor: