Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh, Satu Diantaranya Bantu Cegah Diabetes

16 September 2022

SEMARANG - Namun, sebagian orang justru menjadikan kopi sebagai salah satu gaya hidup di era yang semakin modern ini.

Ternyata, kopi juga menjadi salah satu minuman yang memiliki manfaat bagi tubuh Anda.

Melansir dari laman Medical News Today, beberapa manfaat kesehatan potensial yang terkait dengan minum kopi termasuk perlindungan terhadap diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, penyakit hati, dan kanker hati. Konsumsi kopi juga dapat mendukung kesehatan jantung.

Meski memiliki sejumlah manfaat, namun Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi kopi secara berlebihan dan dengan tambahan pemanis lainnya.

Jika hal ini terjadi, maka kopi justru dapat menyebabkan obesitas, diabetes dan penyakit lainnya.

Selain itu, pastikan untuk melakukan konsultasi ke dokter Anda mengenai jenis hingga takaran kopi yang Anda butuhkan tiap harinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut berbagai manfaat konsumsi kopi:

1. Mencegah diabetes

Kopi dapat membantu melindungi terhadap diabetes tipe 2.

Pada tahun 2014, para peneliti yang mengumpulkan data pada lebih dari 48.000 orang menemukan bahwa mereka yang meningkatkan konsumsi kopi setidaknya satu cangkir per hari selama 4 tahun memiliki risiko 11 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak meningkatkan asupan kopi.

Sebuah meta-analisis 2017 menyimpulkan bahwa orang yang minum empat hingga enam cangkir kopi berkafein atau tanpa kafein setiap hari tampaknya memiliki risiko sindrom metabolik yang lebih rendah, termasuk diabetes tipe 2.

2. Mencegah dari gangguan penyakit hati

Orang yang mengonsumsi kopi mungkin juga memiliki risiko penyakit batu empedu yang lebih rendah.

Pada tahun 2014, para peneliti mengamati konsumsi kopi di antara orang-orang dengan primary sclerosing cholangitis (PSC) dan primary biliary cirrhosis (PBC). Ini adalah kondisi autoimun yang mempengaruhi saluran empedu di hati.

Mereka menemukan bahwa orang dengan PSC lebih cenderung memiliki asupan kopi yang lebih rendah daripada mereka yang tidak memiliki kondisi tersebut. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa asupan kopi berbeda antara orang dengan atau tanpa PBC.

Juga, penelitian lain tahun 2014 menunjukkan hubungan antara konsumsi kopi dan risiko kematian yang lebih rendah akibat sirosis terkait hepatitis nonviral. Para peneliti menyarankan bahwa minum dua atau lebih cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko sebesar 66 persen .

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Meta analisis 2017 menemukan bahwa konsumsi kafein mungkin memiliki setidaknya sedikit manfaat untuk kesehatan jantung, termasuk tekanan darah.

Dalam sebuah studi tahun 2018, para peneliti menemukan bahwa minum tiga hingga lima cangkir kopi per hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 15 persen .

Bagi orang-orang yang telah mengalami serangan jantung, minum kopi tampaknya tidak meningkatkan risiko mengalami serangan jantung lagi atau meninggal sebagai akibatnya.

Namun, meta-analisis tahun 2017 juga menemukan bahwa mungkin ada tingkat lipid darah (lemak) dan kolesterol yang lebih tinggi pada orang yang mengonsumsi lebih banyak kopi. Zat-zat ini dapat mempengaruhi seseorang untuk masalah jantung.