Masih Cair Kembali Sebesar Rp 600.000, Pastikan Nama Kamu Masuk sebagai Penerima Bansos BPNT Tahap 3

15 September 2023
sumber: google

KANAL9.ID - Ada kabar baik lagi! Bansos BPNT Tahap 3 masih cair lagi sebesar Rp 600.000 untuk penyaluran bulan September 2023 pastikan nama kalian masuk sebagai penerima bansos BPNT tahap 3 ya! Berikut cara melakukan pengecekan nama penerima bansos BPNT melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Bantuan sosial (bansos) Bahan Pangan Non Tunai (BPNT) dari pemerintah yang disalurkan melalui Kemensos masih dalam tahap pencairan. Pencairan tahap 3 bansos BPNT ini sudah mulai disalurkan dari bulan Juli, Agustus hingga September 2023.

Bansos BPNT ini diberikan oleh pemerintah kepada seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang merupakan masyarakat miskin dan rentan miskin. Bansos ini diberikan pemerintah dalam upaya untuk mengurangi angka kemiskinan yang ada di Indonesia.

Baca juga: Segera Cair! Penerima Bansos BLT BBM Akan Dapat Bantuan Hingga Rp 600 Ribu, Begini Cara Mengeceknya

Bansos BPNT ini diharapkan dapar memperbaiki taraf hidup bagi masyarakat kurang mampu dengan memenuhi kebutuhan hidup mereka. Kemensos akan terus menyalurkan bansos BPNT ini secara bertahap kepada KPM yang sudah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Para penerima bansos BPNT tahap 3 ini akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 600.000 sebagai alokasi pencairan untuk bulan Juli, Agustus dan September 2023. Penerima dana bansos ini dapat menggunakannya untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak, telur dan kebutuhan lainnya.

Bansos BPNT tahap 3 ini akan terus cair dari tanggal 1 September hingga 30 September mendatang. Dana bansos ini akan disalurkan kepada penerima yang memiliki KKS. Penerima bisa mengambil dana bansos ini lewat Bank Himbara seperti Bank BNI, BRI, BSI dan Mandiri serta lewat PT Pos Indonesia.

Perlu diingat bahwa tidak semua akan menerima bansos BPNT ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebagai penerima bansos BPNT sebesar Rp 600.000 ribu. Berikut syarat yang harus dipenuhi sebagai penerima bansos BPNT.

Syarat Penerima Bansos BPNT Tahap 3:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki KK dan KTP
  3. Masuk dalam kategori masyarakat miskin dan rentan miskin
  4. Bukan Apatur Sipil Negara (ASN), Polri atau TNI
  5. Terdaftar dalam Daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

Baca juga: Kabar Baik! Bansos PKH Cair Lagi September 2023, Berikut Jadwal dan Cara Pencairannya

Bagi kalian yang sudah termasuk dalam syarat yang sudah disebutkan diatas, berarti kalian berhak menerima bansos BPNT tahap 3 sebesar Rp 600 Ribu. Berikut cara mengecek nama kalian apakah masuk kedalam penerima bansos atau tidak.

Cara Cek Penerima Bansos BPNT Tahap 3:

  1. Buka website melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan data diri seperti provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan.
  3. Masukkan nama penerima bansos sesuai dengan KTP.
  4. Masukkan kode huruf captcha yang tersedia lalu klik ‘Cari Data’.
  5. Sistem akan menunjukkan apakah nama kalian masuk ke dalam daftar penerima bansos BPNT tahap 3 atau tidak.

Demikian informasi tentang bansos BPNT tahap 3 yang cair kembali sebesar Ro 600 Ribu lengkap dengan syarat penerima bansos dan cara untuk melakukan pengecekan nama KPM dengan mudah. Semoga membantu! *KM-02