Mengenal Pengobatan Dengan Metode Hipnoterapi, Amankah?

26 May 2023

SEMARANG - Sob, mungkin sebagian dari kalian pernah dengar metode pengobatan dengan cara Hipnoterapi, pada artikel kali ini akan kami bahas seputar metode tersebut.

Hipnoterapi adalah metode tambahan yang memanfaatkan hipnosis untuk membantu mengobati gejala atau kondisi kesehatan tertentu. Metode ini bekerja dengan cara menginduksi keadaan hipnosis, yaitu keadaan relaksasi yang mendalam dengan konsentrasi terfokus.

Seorang ahli hipnotis atau hipnoterapis yang terlatih dan bersertifikat, memandu pasien ke dalam keadaan fokus dan relaksasi yang mendalam ini dengan isyarat verbal, pengulangan, dan perumpamaan.

Keadaan hipnosis mirip seperti meditasi atau ketika pikiran seseorang terserap sepenuhnya saat menonton film atau mendengarkan musik. Dalam keadaan tersebut, pasien bisa mengarahkan perhatian mereka ke dalam batin membantu mereka membuat perubahan, atau mendapatkan kembali kendali di bidang-bidang tertentu dalam kehidupan mereka.

Baca juga : Herbal Wellness, Obat Herbal menyehatkan Yang Menyehatkan Tubuh Kita

Hipnoterapi terkadang digunakan sebagai bagian dari rencana pengobatan untuk fobia dan gangguan kecemasan lainnya. Terapi ini juga bisa digunakan untuk mengelola nyeri, menurunkan berat badan, berhenti merokok dan lainnya.

Tujuan Hipnoterapi

Tujuan hipnoterapi dilakukan adalah sebagai terapi tambahan yang digunakan bersama dengan bentuk perawatan psikologis atau medis lainnya. Hipnoterapi bisa digunakan untuk mengobati kecemasan, fobia, penyalahgunaan zat termasuk tembakau, disfungsi seksual, perilaku spontan yang tidak diinginkan, dan kebiasaan buruk.

Metode tersebut juga bisa digunakan untuk membantu meningkatkan kualitas tidur, gangguan belajar, komunikasi, dan masalah dalam hubungan. Selain itu, hipnoterapi juga bisa membantu mengelola nyeri dan mengatasi kondisi medis. Contohnya seperti gangguan pencernaan, masalah kulit, dan efek samping gastrointestinal dari kehamilan dan kemoterapi.

Terapi ini terkadang juga digunakan oleh dokter gigi untuk membantu pasien mengendalikan ketakutan mereka, terhadap pengeboran gigi dan kondisi mulut lainnya.

Baca juga : Terapi Tusuk Jarum Membuat Wajah Anda Terlihat Awet Muda

Manfaat Hipnoterapi

Beberapa orang mungkin mengalami hasil yang dramatis dengan hipnoterapi. Sedangkan beberapa orang yang lain mungkin merasa lebih rileks. Berikut beberapa manfaat hipnoterapi yang bisa dirasakan:

  • Mengembalikan kesadaran

Beberapa orang yang menjalani hipnoterapi bisa tetap sadar sepenuhnya sepanjang sesi terapi. Mereka bisa mengingat semua yang terjadi, bahkan bisa melakukan percakapan saat berada di bawah hipnosis. Orang lain mungkin mengalami keadaan relaksasi yang begitu dalam, sehingga mereka bahkan mungkin terlepas dari apa yang sedang terjadi di sekitar mereka saat itu.

  • Meningkatkan fokus

Pikiran kita bisa terganggu oleh lingkungan atau suasana di sekitar kita. Entah itu suara TV yang menyala, anak-anak yang menuntut perhatian atau pasangan yang ingin berbicara, sehingga sulit untuk sepenuhnya fokus pada diri sendiri. Pikiran kita sendiri pun mungkin juga penuh dengan berbagai macam hal, seperti khawatir mengenai uang untuk membayar tagihan, khawatir tentang studi anak, dan lain-lain.

Nah, hipnoterapi bermanfaat untuk mengelola kekhawatiran sehari-hari ini, sehingga memungkinkan seseorang untuk fokus sepenuhnya pada satu masalah yang sedang dihadapi.

  • Membuat rileks

Keadaan hipnosis bisa membuat seseorang sangat rileks. Pikiran akan menjadi sangat tenang, sehingga memungkinan pikiran bawah sadarnya untuk sangat fokus pada masalah. Pasien juga menjadi lebih tenang, sehingga lebih mudah menerima masalah atau ketakutannya.

Kapan Harus Melakukan Hipnoterapi?

Ketika kamu bergumul dengan masalah mental, seperti kecemasan, fobia, insomnia, stres, depresi dan lain-lain, hipnoterapi bisa menjadi metode pengobatan yang bisa dipertimbangkan. Metode ini juga bisa digunakan ketika kamu memiliki nyeri kronis, atau ingin mengubah atau mengurangi perilaku yang bermasalah.

Prosedur Hipnoterapi

Ada berbagai jenis hipnoterapi dan berbagai cara menghipnotis seseorang. Namun, umumnya sebelum melakukan terapi tersebut, pasien perlu berbicara dengan terapis untuk mendiskusikan apa yang ingin dicapai, dan menyetujui metode yang akan digunakan oleh terapis tersebut.

Setelah itu, berikut langkah-langkah dalam prosedur hipnoterapi:

  • Terapis akan memandu pasien ke dalam keadaan yang santai.
  • Kemudian, ia akan menggunakan metode yang sudah disetujui untuk membantu pasien mencapai tujuan, misalnya mengubah cara berpikir dan berperilaku tertentu.
  • Setelah itu, pasien akan keluar dari keadaan hipnosis secara bertahap.

Tidak seperti penggambaran dalam film, buku, dan lain-lain, pasien tidak akan pingsan atau tertidur saat dalam keadaan hipnosis. Pasien sepenuhnya memegang kendali selama sesi hipnoterapi dan tidak harus menerima saran terapi bila tidak mau. Perlu diketahui, hipnosis tidak akan berhasil bila pasien tidak mau.

Baca juga : 6 Manfaat Minuman Herbal untuk Kesehatan

Tempat Melakukan Hipnoterapi

Hipnoterapi bisa dilakukan di rumah sakit atau klinik yang menyediakan metode terapi tersebut.