Mengintip Alasan Pentingya Akun DANA Diproteksi!

6 July 2024

Kanal9.id - Saat ini dengan meningkatnya kejahatan di dunia digital, semua aplikasi transaksi memperketat sistem keamanannya tak terkecuali DANA. DANA sendiri memperketat keamanan melalui kebijakan sistem akun DANA diproteksi.

Konsep akun DANA diproteksi sendiri dari awal sudah dijelaskan dari awal peluncuran nya pada tahun 2018 lalu. Pihak manajemen DANA sudah mengantisipasi adanya serangan di dunia siber seperti bug, malware maupun peretasan dan phising.

Oleh karena itu pihak DANA berharap dengan adanya sistem kebijakan akun DANA diproteksi seperti ini dapat meningkatkan keamanan akun pengguna.

Lalu seberapa terjaminnya kebijakan akun DANA diproteksi bagi pengguna DANA? Mari kita simak artikel ini sampai selesai.

Baca Juga Begini Langkah saat Akun DANA Sedang Diproteksi dan Cara Menghubungi DANA lewat Aplikasi

Seberapa Efektif kebijakan Akun DANA Diproteksi?

Pada tahun 2018, pendirinya yakni Vincent Iswara melihat suatu prospek yang menjanjikan di pasar transaksi keuangan di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk terpadat yakni 240 juta jiwa, kebutuhan akan transaksi juga semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Oleh karena inilah sang founder mendirikan startup yang berbasis teknologi keuangan 6 tahun lalu. DANA sendiri dikembangkan melalui bantuan Ant Financial yang merupakan partner kerjasama dari PT Emtek selaku investor utama DANA dengan memiliki saham sebesar 99 persen.

Selain itu untuk masalah perizinan, DANA diawasi langsung oleh Bank Indonesia. Maka dari itu DANA menjamin keamanan penggunanya.

Untuk masalah data pengguna, DANA menerapkan sistem data-sharing zero yang berarti meminimalisir adanya kebocoran data. Dimana suatu perusahaan hanya bisa mengakses data pengguna dengan mekanisme akses langsung melalui data kependudukan dan tidak bisa dibagi atau disebarkan dengan perusahaan lain.

Baca juga: Pesan Resmi! Inilah Kenapa Akun DANA Diproteksi

Jadi bagaimana jika suatu waktu terdapat kejadian akun pengguna diduga mengalami kebocoran data? Nah untuk masalah ini DANA sudah ada solusinya loh!

Pihak DANA mengklaim bahwa jika suatu waktu akun pengguna diduga akan mengalami kejadian kebocoran data, maka akun tersebut akan langsung mengalami penguncian atau biasa yang kita sebut sebagai akun DANA diproteksi.

Melalui akun DANA diproteksi maka akun pengguna akan tetap aman karena mengalami pemblokiran dari aktivitas transaksi, alhasil saldo dan data pengguna akan tetap aman. Nah jadi seberapa efektif kebijakan akun DANA diproteksi?

Jawabannya adalah cukup efektif! Melalui ini DANA bisa meminimalisir terjadinya phising dan tindak kriminal lainnya yang mengatasnamakan pengguna. Tapi pembekuan ini juga bisa di normalkan kembali loh! Kamu tinggal menghubungi call center. Mudah bukan?

Nah itulah gambaran dari seberapa efektif dari kebijakan akun DANA diproteksi**

Kontributor:

Terkait