Meski Belum Ada Indikasi Ternak Terpapar Covid 19, Pesan Pakar: Tetap Waspada

2 Agustus 2021

SEMARANG - Covid 19 ternyata tidak saja menyasar manusia saja, tapi beberapa hewan pun mulai terindikasi bisa menderita C19. Bagaimana dengan hewan ternak sapi?

Menurut pakar hewan besar drh Mukhlas Yasi Alamsyah, ada penelitian menyebutkan sapi bisa menjadi intermediet host untuk hcov, bukan susceptible seperti manusia.

"Pengalaman saya, masyarakat pedesaan banyak yang terkena covid19 dan masih berinteraksi seperti biasa dengan sapi dan ternak mereka, " kata Mukhlas YA, Senin (2/8).

Meski begitu, demikian lanjut penyelia PT Eka Farma Semarang ini, sampai saat ini belum ada indikasi sapi ternak mereka yang bergejala covid. Artinya belum ada covid19 yang menyerang hewan ternak, baik sapi, kambing maupun unggas.

Tentunya untuk tindakan pencegahan yang bisa dilakukan oleh peternak, selain menetapkan prokes, juga menjaga stamina hewan ternak dengan menjaga kebersihan dan asupan pakan yang cukup terutama mineral, hindari stres berlebihan pada ternak terutama saat musim panas saat ini.

"Pada sapi dan kambing pergunakan herbal temulawak atau temuireng, daun pepaya dan lain nya utk membantu meningkatkan imun tubuh.

Pads unggas bisa dipakai daun sledri dan daun kersen/ talok. "Tetap waspada, hubungi dokter hewan terdekat apabila ada gangguan kesehatan pada ternak" tutup Mukhlas YA. (Kan2)

Terkait