Ngeri! Longsor Banjarnegara: Ruas Jalan kabupaten di Majatengah Banjarmangu Hampir Putus

10 February 2024
Bencana longsor Banjarnegara hampir memutus ruas jalan Dusun Candi, Majatengah, Banjarmangu

kanal9.id - Hujan yang mengguyur terus-menerus di wilayah Kabupaten Banjarnegara membuat sejumlah bencana di kabupaten tersebut. Antara lain adalah longsor Banjarnegara.

Pergerakan tanah atau longsor Banjarnegara di Dusun Candi, Desa Majatengah, Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara, Jawa Tengah nyaris memutuskan ruas jalan kabupaten yang melewati dusun itu.

Longsor Banjarnegara atau pergerakan tanah yang dipicu oleh hujan deras beberapa waktu terakhir menyebabkan jalan di Dusun Candi, Desa Majatengah, Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara, Jawa Tengah ambles dan nyaris putus.

BACA JUGA: Apakah Permainan Dessert Dash Tiles Bisa Menghasilkan Uang? Ini Cara Bermain Game Raffi Ahmad Penghasil Uang

Saat ini, ruas jalan di Dusun Candi, Desa Majatengah, Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara, Jawa Tengah tersebut hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dengan sangat hati-hati.

Kerusakan jalan ini telah menyulitkan akses warga Desa Majatengah dan sekitarnya untuk beraktivitas sehari-hari.

"Awalnya hanya retakan kecil, tapi lama kelamaan badan jalan ikut ambles dan hampir terputus karena pergerakan tanah akibat guyuran hujan intens," ungkap Doni Adam Pramudita, Kepala Dusun (Kadus) Desa Majatengah, Sabtu 10 Februari 2024.

Selain akses jalan yang terhambat, longsor juga mengancam sebuah rumah milik Mangundiarjo yang dihuni oleh 7 orang.

Rumah tersebut berada tepat di tepi jalan yang longsor, sehingga dikhawatirkan akan terdampak jika terjadi longsor susulan, terlebih, masih musim penghujan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara telah turun tangan untuk menangani situasi ini.

Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah membantu warga membuat perbaikan jalan sementara.

"Kami juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk segera memperbaiki jalan yang rusak," jelas Doni.

Baca Juga: Waroeng DiSit, Sajikan Geprek Ndeso Rasa Kuto Memikat Pelanggan untuk Setia

Siti Maesaroh (34) warga Dusun Candi, berharap jalan tersebut segera diperbaiki karena merupakan akses vital bagi aktivitas sehari-hari warga.

"Saya antar jemput anak sekolah lewat jalan itu, sekarang tidak berani karena kondisinya rusak. Semoga cepat diperbaiki," harapnya.

Warga dihimbau untuk tetap waspada terhadap potensi bencana susulan, mengingat curah hujan masih tinggi di wilayah Banjarnegara. Semoga wilayah lain tidak ada bencana longsor Banjarnegara seperti di Dusun Candi, Desa Majatengah, Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara, Jawa Tengah yang merusak ruas jalan kabupaten.***

Kontributor:

Terkait