Nikmatnya Kuliner dan Oleh Oleh Khas Semarang, Berikut Rekomendasi yang Dijamin Enak!

18 April 2024
Lumpia Oleh Oleh Khas Semarang

Kanal9.id - Saat berlibur ke Kota Semarang, wisawatan bisa menikmati 3 hal sekaligus. Kamu bisa berwisata diberbagai tempat karena Semarang memiliki banyak destinasi yang bisa dikunjungi. Kamu juga bisa menyantap kuliner khas Semarang yang memiliki berbagai cita rasa mulai dari gurih, asin, pedas, dan oleh oleh khas Semarang yang terkenal enak.

Jika kamu sedang berlibur di Semarang, jangan sampai belum mencicipi kuliner dan oleh oleh khas Semarang. Ini karena kuliner dan oleh oleh khas yang terkenal sangat enak, tak heran jika banyak wisatawan yang menyukainya.

Berikut ini ada rekomendasi kuliner dan oleh oleh khas Semarang yang wajib banget kamu cobain. Rekomendasi ini terkenal karena memiliki banyak peminat, mulai dari warga dalam kota maupun luar kota.

BACA JUGA: Lontong Manis? Intip Resep Lontong Spekkoek Waiki, Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Dicicipi!

Rekomendasi Kuliner dan Oleh Oleh Khas Semarang yang Wajib Dicoba

1. Nasi ayam khas Semarang

Nasi ayam khas Semarang merupakan kuliner khas Semarang dengan sajian nasi gurih dengan lauk daging ayam suwir, telur rebus, krecek, dan tumis labu siam yang kemudian disiram dengan kuah opor kuning.

Jika kamu tertarik, kamu bisa dengan mudah menemukan kuliner nasi ayam ini, karena hampir ada di seluruh sudut kota. Pagi hari ada, malam hari pun juga ada banyak. Harga per pincuknya sekitar Rp10.000 sampai Rp20.000, tergantung lauk tambahan apa yang kamu pilih.

2. Bandeng Presto

Bandeng Presto merupakan oleh oleh khas Semarang berupa olahan bandeng berduri lunak. Bandeng Presto dibuat dari ikan bandeng yang dibumbui bawang putih, kunyit, dan garam, kemudian dimasak dengan cara dipresto atau dengan uap bertekanan tinggi.

Hasilnya, duri-duri pada ikan bandeng akan menjadi lunak dan bisa dimakan. Jika kamu membeli oleh oleh ini untuk dibawa pulang, sebaiknya beli yang sudah divacuum saja, karena bisa tahan hingga 6 bulan kalau disimpan di dalam kulkas. Harga per kemasan biasanya terdapat 3-4 ekor ikan berukuran sedang dengan harga mulai Rp100.000.

3. Garang asem

Garang asem merupakan kuliner khas Semarang berupa olahan ayam yang dibumbui dengan belimbing wuluh dan cabai, kemudian disiram dengan kuah santan. Ayam tersebut dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam daun pisang, disemat ujungnya dengan lidi, kemudian dikukus hingga matang. Kamu bisa menikmati kuliner ini bersama sepiring nasi hangat dan ditambah dengan berbagai jenis sate dan gorengan.

BACA JUGA: Sejarah Wingko Babat: Oleh-oleh Khas Semarang yang Manis dan Gurih

4. Lumpia

Lumpia merupakan oleh oleh khas Semarang yang berbahan utama rebung sebagai isian dari Lumpia itu. Untuk mengimbangi aroma rebung yang begitu kuat, Lumpia diberi berbagai isian tambahan juga seperti telur, udang, ayam, dan daun bawang.

Kamu bisa menyantap oleh oleh ini sebagai gorengan dan secara basah atau tidak digoreng. Tenang, rasanya sama-sama enak, apalagi kalau ditambah acar asam dan cabai rawit.

5. Tahu gimbal

Tahu gimbal merupakan kuliner khas Semarang, yang di mana gimbal ternyata adalah udang yang digoreng tepung. Gimbal ini disajikan bersama tahu goreng, telur ceplok, irisan kol, tempe, dan disiram dengan sambal kacang.

Tahu gimbal memiliki rasa yang lengkap, yaitu manis, gurih, dan pedas. Kuliner ini bisa kamu temukan dengan mudah di area Simpang Lima yang sering dikunjungi wisatawan dengan harga mulai dari Rp10.000 saja.

6. Wingko Babat

Wingko Babat merupakan oleh oleh khas Semarang yang terbuat dari adonan tepung ketan dan kelapa parut yang dibakar. Tidak heran kalau oleh oleh ini memiliki aroma menyeruak yang harum. Wingko Babat juga dijamin bebas pengawet dan tahan hingga 3 hari di suhu ruangan.

Saat ini, Wingko Babat sudah dijual dengan berbagai varian rasa, ada cokelat, durian, dan nangka. Satu dus Wingko Babat berisi sekitar 20 bungkus dengan harga mulai dari Rp40.000an.

Demikian itu tadi rekomendasi kuliner dan oleh oleh khas Semarang yang wajib kamu coba. Rasanya yang enak akan membuat kamu ketagihan. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kamu.***

Kontributor:

Terkait