Oleh-oleh khas Semarang Cocok Dibawa Sehabis Proliga Semarang 2024

5 May 2024

Kanal9.id- Proliga Semarang hampir berakhir tepat hari ini, waktunya membeli oleh-oleh khas Semarang. Inilah 5 rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang dapat Anda beli untuk kerabat terdekat.

Santai saja jika ingin mempertimbangkan membeli oleh-oleh khas Semarang. Ada macam-macam jenis buah tangan yang bisa kamu beli, seperti souvenir unik hingga makanan khas Semarang.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut varian oleh-oleh khas Semarang yang tahan lama untuk dijadikan buah tangan. Apa saja rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang tahan lama cocok untuk teman kantor Anda? Simak selengkapnya hanya di artikel ini.

Baca Juga: Intip Cara Masak Bandeng Presto Tanpa Di Presto, Dijamin Lunak!

Rekomendasi Oleh-oleh khas Semarang Untuk Teman Satu Kantor dan Kerabat Dekat

1. Batik Gemawang

Indonesia sangat kaya dengan identitas batiknya, sehingga tiap daerah memiliki batik khasnya masing-masing. Salah satunya merupakan batik Gemawang dari Semarang.

Batik Gemawang identik dengan pewarnaannya yang cerah dengan mengusung tema Ibu Pertiwi. Pilihan warna batik biasanya berupa warna alam, yakni mahoni, teger, jalawe, brambang, dan masih banyak lagi.

Motif batik Gemawang berbeda dari batik-batik yang tersebar di Indonesia. Motifnya bermacam-macam, seperti biji kopi, bambu, trenggono, klinting, lintang, gedong songo, dan lain-lain.

2. Kerajinan Kuningan

Selain kerajinan Batik, Semarang pun memiliki kerajinan kuningan yang terbuat dari salah satu jenis logam. Hasil dari kerajinan kuningan cukup variatif, misalnya dibuat kaligrafi, atau seperti ukiran untuk mempercantik dekorasi rumah.

3. Bandeng Presto Juwana Elrina

Bandeng Juwana Elrina merupakan salah satu oleh-oleh khas Semarang yang tahan lama. Ada beragam olahan ikan bandeng yang dapat kamu coba. Contohnya seperti Bandeng Teriyaki, Bandeng Pepes Pedas, Bandeng Sate Boneless, Bandeng Pepes Lombok Ijo, Bandeng Otak-Otak, Bandeng Asap Duri Keras, dan lainnya.

Lokasi: Jl. Pandanaran No.57, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50244

4. Lontong Spekkoek

Lontong Spekkoek merupakan salah sebiji dari kue legendaris dari kota Semarang. Spekkoek atau lebih dikenal dengan lapis legit, terbuat dari tepung terigu, gula, mentega, serta kuning telur lalu dioven dengan beberapa lapisan.

Jika ingin membeli kue ini, kamu dapat berkunjung ke Waiki Lapis Legit. Harga lontong spekkoek dibanderol dengan harga mulai dari Rp75.000.

Lokasi: Jl. Senjoyo 2 No. 2A, Bugangan, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang.

5. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel adalah salah satu oleh-oleh khas Semarang dengan ketahanan yang lama serta dapat dibawa dengan kondisi suhu ruang. Roti legendaris ini bisa bertahan selama 7 hari, jadi sangat aman untuk dikonsumsi dalam kurun waktu seminggu.

Lokasi: Jl. Giri Mukti Bar. No.3, Tlogosari Kulon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50196

Tips Memilih Oleh-oleh khas Semarang yang Sesuai

Pilih Oleh-Oleh yang Tahan Lama

Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa

Kemas Oleh-Oleh dengan Rapi dan Aman

Perhatikan Penempatan Oleh-Oleh

Bawa Oleh-Oleh Secukupnya

Demikian informasi tentang oleh-oleh khas Semarang yang tahan lama hingga berhari-hari. Jika Anda mencari buah tangan yang tahan lama dibawa macet hingga dikirim ke rekan kerja Anda, rekomendasi ini sangat cocok untuk Anda(*)

Kontributor:

Terkait