PDIP Solo Dorong Gibran Maju Pilgub DKI Ketimbang Jateng

21 Juni 2022

SOLO - kanal9.id - Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo mengaku lebih mendukung jika Gibran Rakabuming Raka maju di Pilgub DKI Jakarta ketimbang Jawa Tengah di Pilkada 2024 nanti.
Menurutnya, Gibran tetap memiliki kans menang di ibu kota meski tidak asli berasal dari Jakarta. Rudy berkaca pada Jokowi yang dulu memenangkan Pilkada DKI Jakarta.

"Semua kalau kerja keras, tingkat kemenangannya ada. Seperti Pak Jokowi dulu lawannya incumbent [bisa menang] karena banyak [warga DKI] yang dari Solo Raya, banyak yang dari Jateng," kata Rudy, Selasa (21/6).cnnindonesia.com

Rudy menilai Gibran justru akan lebih sulit jika mengikuti Pilgub Jateng. Rudy menyebut ada banyak resistensi di Jawa Tengah yang harus dihadapi Gibran.

"Kalau bertarung secara umum lebih enak di DKI Jakarta dibandingkan Jateng. Resistensinya lebih besar di Jawa Tengah karena yang kepingin banyak, kecuali saya. Di sana (Jakarta) kan masanya majemuk, hanya sekian DPC. Kalau di sini (Jawa Tengah) ada 35 DPC," kata Rudy.

Rudy mengaku sudah mengusulkan langsung kepada Gibran agar ikut pilgub DKI Jakarta ketimbang Jawa Tengah. Meski demikian, Rudy mengatakan keputusan tetap berada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Dia berjanji bakal mengikut perintah Ketua Umum PDIP. Jika memang Gibran akan dicalonkan di Pilgub Jawa Tengah, Rudy siap menjalankan kerja-kerja pemenangan.

"Rekomendasinya di mana, kalau rekomendasi Ibu (Megawati) di Jawa Tengah, ya di Jawa Tengah. Saya itu enggak pernah membuat kecewa Ketua Umum," kata Rudy.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku mendapat wejangan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk maju di pilgub pada 2024 mendatang. Wejangan juga ia terima dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Akan tetapi, dia belum bicara rinci apakah disarankan maju pilgub DKI Jakarta atau Jawa Tengah.(syd/bmw/k21)

Terkait