Pemerintah Didesak Tutup Semua Pintu Masuk untuk Kedatangan WNA

24 April 2021

JAKARTA - Untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, Pemerintah diminta menolak seluruh kedatangan warga negara asing (WNA). Apalagi peningkatan penderita Covid-19 di sejumlah negara sangat signifikan, seperti yang terjadi di India.

Anggota Komisi IX DPR Anas Thahir menyarankan agar Pemerintah menutup seluruh pintu masuk ke Tanah Air mengingat beberapa negara mengalami lonjakan COVID-19, seperti India. Lonjakan lonjakan kasus COVID-19 di India harus menjadi perhatian serius Pemerintah.

"Apalagi ditengarai banyak WNA India dan WNI yang memasuki wilayah Republik Indonesia di saat ‘tsunami’ COVID-19 sedang terjadi di India," ujarnya dalam keterangannya, Jumat (23/4).

Anas meminta Pemerintah harus ketat menutup pintu masuk dari jalur negara-negara berisiko tinggi penyebaran COVID-19, terutama India.

"Perlakuan khusus harus diterapkan bagi setiap pendatang ke Indonesia, khususnya WNA India agar Indonesia tidak mengalami masalah yang sama," ujarnya.

Terlebih penyebaran COVID-19 ini sangat cepat dan mungkin muncul jenis-jenis baru hasil mutasi virus berbahaya tersebut.

Pemerintah juga harus waspada pada setiap kemungkinan penyebaran virus, mengingat masih sulit untuk memprediksi penyebaran berikutnya.

"Indonesia tidak boleh lengah sedikit pun. Maka selain melakukan pembatasan sosial di dalam negeri, pemerintah juga harus bertindak cepat, tegas dan antisipatif terhadap arus keluar masuk WNA/WNI yang melakukan perjalanan antar negara," ucapnya. (kan1)

Terkait