Pemilik Tidur Pulas, Rumah Habis Terbakar

20 Juli 2021

CILACAP - Hati-hati dengan perlengkapan listrik di rumah. Upaya pengecekan harus dilakukan secara berkala. Jika tidak bisa berakibat fatal.

Seperti yang terjadi di Desa Rejamulya, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, Senin (19/7) malam. Dikarenakan saklar lampu di rumah Suprapto warga RT04 RW 07 Rejamulya dalam kondisi tidak semestinya, sehingga saat digunakan justru menimbulkan percikan api. Tak ayal, percikan api menjalar ke peralatan yang yang mudah terbakar.

Apalagi rumah tersebut semi permanen, sehingga bagian bangunan yang terbuat dari kayu sanagt mudah terbakar.

Kepala Satpol PP Yuliaman melalui Kabid Damkar Supriyadi, membenarkan terjadinya kebakaran itu. Malam itu pemilik rumah sedang tidur pulas di rumahnya dan mendadak ada percikan api di saklar listrik.

Tetangga yang mengetahui ada percikan api di rumah tersebut berupaya membantu memadamkannya. Sementara warga yang tinggal di sekitar rumah korban berupaya membantu dengan peralatan seadanya.

Namun karena api dengan cepat merambat ke bangunan rumah lainnya, sehingga aparat desa setempat berupaya menghubungi Pos Damkar Sidareja, Cilacap.

“Begitu mendapatkan laporan, kami langsung menurunkan dua tim lengkap dengan jenset,” katanya.

Dengan datangnya bantuan pemadam itu, seperti dikutip dari KR Jogja.com, si jago merah bisa segera dipadamkan dan tidak merembet ke rumah lainnya.

Dugaan sementara penyebab kebakaran akibat hubungan arus pendek atau konsleting pada sekitar saklar lampu yang menimbulkan percikan. Sedang kerugian akibat kebakaran itu diperkirakan sampai Rp 50 juta. (Kan3)

Terkait