Persiapkan Dirimu Ada 1 juta Formasi Penerimaan CPNS Tahun 2024 Menantimu

3 January 2024
Ilustrasi penerimaan CPNS tahun 2024

KANAL9.ID - Pemerintah pastikan ditahun 2024 ini ada penerimaan CPNS dengan formasi hingga 1,3 juta.

Selain formasi penerimaan CPNS juga pada tahun 2024 ini membuka kesempatan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas membenarkan adanya kabar tersebut.

Saat konferensi pers di Komplek Istana Kepresidenan Anas mengatakan, untuk besaran jumlah pastinya dalam penerimaan CPNS Tahun 2024 saat ini belum bisa umumkan.

Baca juga: Bingung Cara Gunakan Aplikasi Taspen Otentikasi?, Peserta Pensiunan PNS Wajib Tahu, Begini Caranya

"Jadi jumlahnya saya belum bisa umumkan hari ini, karena nanti di bulan pertama, Januari, Presiden akan mengumumkan," kata Azwar Anas pada, Jumat (29/12/2023).

Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Tahun 2024 juga tetap ada. Bagi yang berstatus honorer kesempatan ini juga bisa digunakan oleh mereka.

Dikabarkan pemerintah membutuhkan banyak sumber daya manusia yang memiliki kemampuan teknologi informasi.

Bidang pariwisata juga menjadi fokus pemerintah selain teknologi informasi. Untuk mendukung seperti lima destinasi wisata yang saat ini menjadi super prioritas pemerintah.

Baca juga: Single Salary akan Diterapkan di Kemenag, Wow Banget Estimasi Gaji yang Diterima

Melihat prioritas tersebut diharapkan mereka yang mendaftarkan diri sebagai CPNS dan PPPK diharapkan benar-benar fresh graduate.

Dari informasi yang dihimpun kanal9.id diketahui dari Plh. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja, sempat mengatakan formasi yang akan disiapkan untuk tahun 2024 diperkirakan mencapai sekitar 1,3 juta.

Aba mengatakan jumlah tersebut sudah sudah dihitung berdasarkan pada sisa formasi pada tahun 2023.

“Tahun 2024 kita sudah hitung, formasi yang akan kita siapkan itu sekitar 1,3 juta. Perhitungan itu didasarkan pada, pertama, sisa formasi 2023,” ungkap Aba Subagja, Selasa (14/11/2023).

Baca juga: Pensiunan PNS Perlu Tahu!, Lakukan Langkah Ini Agar Gaji Pensiunan Anda Bisa Dicairkan PT. Taspen

Agar setiap instansi dapat memaksimalkan potensinya, Aba berharap dalam penerimaan CPNS tahun 2024 ini jumlahnya tidak melampaui kuota yang ditetapkan.

Nah jika kalian ingin mengikuti seleksi penerimaan CPNS Tahun 2024 ini, ada baiknya jika kalian siapkan diri mulai dari sekarang.(*) (K11)

Kontributor:

Terkait