Presiden Jokowi Minta Sapi-sapi Divaksin untuk Mencegah Merebaknya PMK

19 Juni 2022
Foto: Humas Setkab/Rahmat

JAKARTA - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) belakangan ini terdengar santer disejumlah daerah di Indonesia. Karenanya, agar penyebarannya bisa tekan, hewan ternak diminta segera divaksin.

Dilansir dari setkab.go.id, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan terkait PMK, pihaknya sudah melakukan upaya untuk menekan angka penyebarannya. Salah satu upayanya, mendatangkan 800 ribu vaksin untuk segera disuntikkan kepada hewan ternak di seluruh Indonesia.

“Suntikkan cepat-cepat, cepat, sehingga bisa melindungi sapi-sapi yang lain,” ujar Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, pada Jumat (17/06/2022).

Presiden juga menjelaskan, PMK dikonfirmasi dapat menyebar dengan cepat. Menurut Presiden, pemerintah telah melakukan upaya lockdown di beberapa daerah di Tanah Air namun belum memberikan hasil yang maksimal.

“Padahal sudah diblok oleh Kementan dan Kepolisian tapi nyatanya bergerak cepat dan sekarang sudah 18 provinsi, 190 kabupaten dan kota,” ungkap Presiden. (BPMI SETPRES/MAY/AIT/K5)

Terkait